Paparan Kadis Komifo Tentang “Intan Bernik” Diapresiasi Mentor dan Penguji

oleh -110 views
Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Padang Pariaman, Zahirman.S.Sos.MM

Padang Pariaman– Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) tingkat II angkatan XXIII LAN-RI Tahun 2021 memasuki tahap seminar rancangan proyek perubahan.

Seminar yang dilaksanakan secara virtual, diikuti oleh 6 kelompok, dengan masing-masing kelompok terdiri dari 10 orang yang berasal dari seluruh Indonesia, Rabu (15/09/2021).

Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) TK II ini merupakan kerja sama antara Badan Diklat D.I Yogyakarta dengan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN-RI). PKN ini mengunakan metode Pembelajaran Blended Learning dari tanggal 02 Agustus s.d 19 November 2021.
Hadir sebagai penyampai materi pada kegiatan ini, salah satu diantaranya adalah Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Padang Pariaman, Zahirman.S.Sos.MM. Sedangkan sebagai Mentor Suhatri Bur, Coach Dra. Purwastuti.MBA dan Penguji Sumadi, SH.MH.

Seminar Rancangan Proyek Perubahan dilaksanakan setelah melalui tahap pembimbingan secara virtual, setiap peserta wajib menyerahkan Rancangan Proyek Perubahan yang nantinya merupakan Proyek Perubahan di Organisasi Perangkat Daerah masing-masing.

Dalam pelaksanaan seminar proyek perubahan tersebut, seluruh peserta memaparkan ide proyek perubahan yang mereka gagas. Pemaparan setiap peserta berlangsung sekitar 45 menit yang terdiri atas penyajian, coach, dan tanggapan penyaji Zahirman, mengangkat judul Rencana Proyek Perubahan : Optimalisasi pelaksanaan SPBE melalui INTAN BERNIK di Padang Pariaman. RPP ini siap ditampilkan dalam seminar setelah melalui bimbingan beberapa kali dari coach Dra. Purwastuti, MBA.

Dalam pemaparannya, Zahirman mengatakan “Pemerintah Padang Pariaman harus memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk mempercepat seluruh proses birokrasi terutama dalam melayani masyarakat. Internet of Thing (IoT), Artificial Intelligence dan Big Data sudah semestinya menjadi prioritas.

Untuk mewujudkan transformasi e-Government menuju i-Government tentu harus dengan mengoptimalkan pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasiskan Elektronik. Maka dalam Rancangan Proyek Perubahan ini saya melakukan inovasi Pembangunan Platform Aplikasi Layanan Terpadu yang terintegrasi dengan nama INTAN BERNIK, jelas mantan Kabag Humas ini.

Sementara itu, Bupati Suhatri Bur selaku mentor menyampaikan apresiasi pada Zahirman dan mendukung penuh Rancangan Proyek Perubahan untuk dilaksanakan. “Saya akan menyediakan anggarannya dalam APBD untuk pelaksanaan proyek perubahan ini dan implementasi SPBE di Padang Pariaman”, tegasnya yang diberikan aplus oleh penguji dan coach pada seminar tersebut.

“Membangun Padang Pariaman pada era revolusi industry 4.0 tidak bisa lagi secara manual, namun sudah harus menggunakan teknologi cyber dan otomatisasi, dan kedepannya tentu dapat mewujudkan Internet of Things dan Big Data”, terang Bupati yang dipanggil dengan Aciak ini, mengakhiri tanggapannya secara daring.(ril/ms)