Pelajar SMANSA Landbouw Divaksin, Sakit Sikit

oleh -134 views
TPK Almni SMANSA Landbow vaksin pelajar eks sekolajlh mereka, dibuka Mahyeldi secara virtual, Selasa 24/8-2021. (foto: dok/deko)

Padang,— “Sakit sikit,” itu ungkapan seorang pelajar di SMANSA Landbouw Bukittinggi setelah divaksin, Selasa 24/8-2021.

Vaksin pelajar digelar pada rangkaian acara Silaturahmi Lintas Angkatan (SLA) Alumni SMA Negeri 1 Landbouw Bukittinggi tahun 2021, pelajar yang divaksin adalah pelajar kelas XII oleh Tim Peduli Kemanusiaan (TPK).

Kegiatan mengusung tema “Dengan Vaksinasi Kita Selamatkan Generasi Alpha dari Paparan Covid-19” dibuka secara virtual oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah yang juga Alumni SMA Negeri 1 Landbouw Bukittinggi angkatan 86, Mahyeldi saat membuka di sela-sela kunjungan kerja Gubenur Sumbar  ke Rumah Sakit Umum Daerah Mohammad Natsir di Kota Solok.

Gubernur Mahyeldi Ansharullah, menuturkan, bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sangat menyambut baik kegiatan vaksinasi diadakan oleh Tim Peduli Kemanusiaan (TPK) Ikatan Alumni SMA (IASMA) Negeri 1 ini.

“Karena sangat  membantu program pemerintah pusat dan daerah dalam mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok. Ketika sebagian besar populasi kebal terhadap penyakit menular tertentu, dapat memberikan perlindungan tidak langsung atau kekebalan kelompok bagi mereka yang tidak kebal terhadap penyakit menular tersebut, dan vaksinasi adalah salah satu upaya untuk menciptakan kekebalan tubuh manusia,”ujar Mahyeldi.

Menurut Mahyeldi Ansharullah, vaksinasi pada pelajar sudah mulai dilaksanakan di Provinsi Sumatera Barat melalui Pemerintah Kabupaten dan Kota, dan kegiatan vaksinasi digagas Tim Peduli Kemanusiaan (TPK) Ikatan Alumni SMA (IASMA) Negeri 1 ini, juga sangat membantu mempercepat target jumlah masyarakat yang mendapatkan vaksin Covid-19 tersebut, terutama untuk kalangan pelajar.

Pelajas Kelas XII SMANSA Landbouw Bukittinggi divaksin covid-19 untuk pelajar, Selasa 24/8-2021. (foto: dok/deko)

“Vaksinasi dilakukan agar imun masyarakat meningkat dan di Sumatera Barat ada sekitar 4,5 juta masyarakat yang harus diberikan vaksin covid-19. Untuk itu Pemerintah Provinsi akan mengoptimalkan program vaksinasi ini melalui peran serta seluruh pihak, termasuk alumni sekolah, seperti yang dilaksanakan SMA Negeri 1 Landbouw Bukittinggi,” terangnya.

Mahyeldi mengucapkan terima kasih pada Alumni SMA Negeri 1 Landbouw Bukittinggi, yang telah melaksanakan program vaksinasi bagi pelajar, karena hal ini juga penting untuk memperlancar sekolah tatap muka yang sudah mulai dilaksanakan, sehingga generasi muda terjaga imunnya.

Ketua Pelaksana Vaksin TPK IASMA Negeri 1 Landbouw Bukittinggi Arfida Pepi dari angkatan 89, menuturkan, program vaksinasi untuk kalangan pelajar ini merupakan ide bersama dari alumni, agar dapat berbuat untuk sekolah terutama pelajar SMA Negeri 1 Landbouw Bukittinggi

“Berawal dari musyawarah TPK IASMA Negeri 1 Landbouw Bukittinggi, muncul ide bagaimana kita melaksanakan vaksin yang pertama untuk pelajar tingkat SMA. Untuk langkah awal diberikan vaksin kepada pelajar Kelas XII SMA di almamater kita, dan kita juga tidak menutup kemungkinan melaksanakannya untuk kelas X dan XI, serta keluarga alumni dan umum,” ulasnya.

Menurut Arfida Pepi, kegiatan vaksinasi ini juga dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 76. Untuk itu, diangkat tema acara “Dengan Vaksinasi Kita Selamatkan Generasi Alpha dari Paparan Covid-19”.

Vaksin untuk pertana ini ditujukan untuk pelajar Kelas XII sebanyak 150 orang, dengan sumber vaksin bantuan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, yang diteruskan kepada Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi,” tuturnya.

Ketua Tim Peduli Kemanusiaan (TPK) IASMA 1 Landbouw Bukittinggi Benni Fitraza, angkatan 88, menyebutkan, program sosial TPK dilakukan rutin setiap tahun, mulai dari terbentuknya TPK pada tahun 2009 lalu.

“Salah satu aksi sosial yang dilakukan tahun 2021 ini adalah program vaksinasi. Selain itu juga akan dilaksanakan qurban, operasi katarak dan kegiatan sosial lainnya,” sebutnya.

Benni Fitraza mengucapkan terima kasih kepada Alumni SMA Negeri 1 Landbouw Bukittinggi, dan seluruh pihak yang telah menyukseskan kegiatan vaksinasi ini. Setelah program itu, akan dilaksanakan pula operasi bibir sumbing, dan berbagi tabung oksigen yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Bukittinggi.

Kepala SMAN 1 Bukittinggi, Firdaus, mengapresiasi kegiatan vaksinasi untuk pelajar yang diiniasi oleh TPK IASMA 1 Landbouw Bukittinggi tersebut.

“Kami ucapkan terima kasih atas kegiatan ini. Kami dari sekolah juga telah meminta izin kepada orang tua dari siswa yang akan divaksin,” ujarnya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sumatera Barat Wilayah I, Mardison, menyampaikan, program vaksin ini sangat baik untuk mendukung program pemerintah, khususnya untuk kegiatan pembelajaran tatap muka.

“Vaksinasi memang tidak menghindarkan kita dari covid-19, tapi dengan vaksin dapat membantu daya tahan tubuh kita, agar generasi penerus kita dapat diselematkan. Kita akan optimalkan ini untuk seluruh sekolah. Kami ucapkan terima kasih atas program vaksinasi oleh IASMA 1 Landbouw Bukittinggi,”ujarnya.

Ketua IASMA 1 Landbouw Bukittinggi Wilayah Sumbar, Prof. Marlina, angkatan 81, mengungkapkan, kegiatan vaksinasi memang dilakukan untuk memberikan kontribusi positif bagi sekolah, pelajar dan pemerintah.

“Kami berpesan, jangan takut divaksin. Vaksinasi bukan hal yang menakutkan, karena sangat aman untuk tubuh. Vaksin akan menghasilkan zat anti body, agar dampak dari Covid-19 tidak terlalu berefek pada tubuh,” ujarnya.

Prof Marlina menambahkan, program vaksinasi ini merupakan rangkaian dari kegiatan Silaturrahmi Lintas Angkatan (SLA) tahun 2021, masih banyak agenda kegiatan lain yang bakal dilaksanakan, semoga seluruhnya berjalan lancar, hingga hari H nanti pada Minggu 21 November 2021 mendatang.

Kegiatan vaksinasi covid-19 ini juga dihadiri Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, pada kesempatan ini Erman mengatakan vaksinasi ini perlu untuk meningkatkan imun tubuh, para pelajar tidak perlu takut, karena vaksin yang diberikan tersebut aman bagi tubuh.

“Pemerintah Kota Bukittinggi mengapresiasi IASMA Negeri 1 Landbouw Bukittinggi yang sangat peduli dengan almamaternya, salah satunya dengan mengadakan kegiatan vaksinasi ini, kegiatan seperti itu sangat hebat, karena sangat membantu program pemerintah dalam percepatan target vaksinasi, khususnya di Kota Bukittinggi.”ujar Erman Safar. (deko)