Peluncuran Program “DINOS” Membawa Semangat Kesehatan ke siswa SD di Padang Selatan

oleh -661 views
oleh
661 views

Padang, — Dokter Muda dari IKM-KK FK UNAND bersama dengan Puskesmas Seberang Padang telah menggelar acara peluncuran program “Dokter Kecil Inovatif dan Inspiratif Seberang Padang” atau yang dikenal sebagai “DINOS”. Acara tersebut dilangsungkan pada hari Sabtu pagi, 09 Maret 2024 di Gedung Youth Centre Bagindo Aziz Chan Padang, dengan dihadiri oleh perwakilan dokter kecil dari siswa-siswi SD se-Kecamatan Padang Selatan beserta guru pendamping yang merupakan pembina UKS.

Program “DINOS” ini bertujuan untuk mengajak siswa-siswi sekolah dasar untuk aktif mempraktikkan perilaku sehat, termasuk menjaga kebersihan diri, dan juga untuk meningkatkan partisipasi dalam Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). “Kami ingin mendorong siswa-siswi untuk menjadi agent of change dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan diri sendiri, keluarga, serta lingkungan, serta harapannya bisa tercetak dokter kecil yang siap dilombakan ke tingkat yang lebih tinggi” ujar Dr. dr. Rima Semiarty, SpKKLP, MARS, yang merupakan preseptor kegiatan DINOS dari FK UNAND pada Sabtu, 09 Maret 2024.

Acara peluncuran tersebut dimulai dengan sambutan dari Kepala Puskesmas Seberang Padang, dr. Syilvia Dewi Anwar, dan Bapak Camat Padang Selatan, Anhal Mulya Perkasa, S.STP. M.PA. serta Ketua IDI Cabang Padang dr. Muhammad Riendra, SpBTKV, SubspVE (K) Dilanjutkan dengan pemasangan pin “DINOS” secara simbolis oleh Bapak Camat Padang Selatan dan Ketua IDI Cabang Padang, serta narasumber yaitu dr. Muhammad Riendra, Sp.BTKV (K).

Selain itu, acara ini juga melibatkan serangkaian kegiatan edukatif seperti pemberian materi mengenai kesehatan lingkungan dan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), serta uji pengetahuan kepada siswa-siswi dengan pre-test dan post-test oleh drg Milla dan dr. Fitrahul Afifah dari Puskesmas Seberang Pdang. Para peserta juga diajak untuk berpartisipasi dalam ice breaking untuk memeriahkan acara.

“Kami berharap dengan adanya program “DINOS” ini, siswa-siswi SD se-Kecamatan Padang Selatan dapat lebih termotivasi untuk aktif menjalankan UKS dan mempraktikkan perilaku sehat dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Refa, panitia penyelenggara program DINOS.

Acara peluncuran “DINOS” ini ditutup dengan penyerahan hadiah kepada siswa-siswi yang aktif berpartisipasi selama acara, serta pembuatan video TikTok sebagai dokumentasi acara tersebut.

“Semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan terutama untuk wilayah kerja Puskesmas Seberang Padang. Terima kasih atas kerja keras adik-adik mahasiswa dari Kedokteran Unand dan support luar biasa dari sekolah” pungkas drg. Mila yang merupakan pemegang program UKS di Puskesmas Seberang Padang.

Mengungkapkan hal senada, Kepala Puskesmas Seberang Padang berharap “DINOS” dapat menjadi langkah awal dalam membentuk generasi yang peduli akan kesehatan dan lingkungan di masa depan. (***)