Pemasaran Online Meningkatkan Usaha WO Gallery Of Riket di Masa Pandemi

oleh -82 views
wedding organizer (dok/rikeket)

Oleh : Zahra Mayuanda Mukhti

Civitas Academica Unand

MENGELOLA bisnis wedding organizer (WO) di Indonesia saat ini merupakan peluang besar yang sangat menjanjikan. Sebab, pernikahan akan terus berlangsung bagi pasangan yang sedang merencanakan pernikahan. Pastinya setiap pasangan menginginkan pesta pernikahannya menjadi momen yang terindah dalam hidupnya.

“Usaha WO itu mempunyai potensi yang besar saat ini sehingga sangat menguntungkan. Mengapa? karena setiap orang pasti menginginkan pesta pernikahan yang berkesan seumur hidup. Tetapi untuk memulai bisnis ini juga membutuhkan modal yang sangat besar” ujar Riko Keket, sang pemilik WO.

Wedding Organizer Gallery of Riket merupakan usaha penyedia dan pengelolaan pernikahan tradisional dan modern yang menyediakan pelaminan, penata rias, dan baju pengantin. Jasa WO ini tereletak di Kec. Lubuk Sikarah, Kota Solok, Sumatera Barat.

“Tidak masalah letaknya dimana karena salah satu media pemasarannya menggunakan media sosial yang jangkauan nya sangat luas sehingga luar daerah juga ada yang menggunakan jasa WO kami” ujarnya lagi.

Usaha tersebut sempat menurun di tahun 2020 hingga di tahun 2021 mulai bangkit secara perlahan. Di saat pandemi Covid-19 ini usaha wedding organizer mengalami penurunan yang sangat drastis orang mungkin mulai membatasi pertemuan skala besar untuk menghindari kerumunan, seperti acara pernikahan. Para pasangan yang ingin menikah juga memutar otak untuk bisa tetap menggelar pesta walau dengan sedikit tamu undangan.

Oleh karena itu, penyedia jasa wedding organizer juga perlu memutar otak untuk menyesuaikan diri dan usahanya.Namun hal itu tidak membuat sang pemilik WO tersebut menjadi patah semangat. Salah satu yang bisa dilakukan adalah mengubah strategi pemasaran.

Untuk   mengembangkan   usaha   wedding organizer di masa pandemi ini diperlukan strategi   pemasaran khusus yang   dapat menjadikan suatu WO Gallery of Riket tetap berjalan.

Strategi yang pertama yaitu memanfaatkan media sosial, karena di masa kini sebagian besar orang menggunakan media social untuk mencari informasi dan juga jangkauan nya yang sangat luas.

Jasa WO tersebut menggunakan salah satu media social yaitu Intagram dengan nama akun @gallery_of_rikokeket. Yang kedua yaitu menawarkan harga paket dan promo agar calon pelanggan tertarik, apalagi dimasa pandemi ini perokonomian juga sedikit menurun.

Dan yang ketiga yaitu menawarkan penggunakan konsep pernikahan berskala kecil / intimate wedding dengan menerapkan protokol kesehatan yang tentunya sudah dilakukan perizinan secara detail. Hal ini agar acara pernikahan berjalalan lancar dan tentunya aman.

“Walaupun di tahun 2020 sempat menurun, Alhamdulillah di tahun ini mulai membaik dan tentunya dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan sehingga sejauh ini acara berjalan lancar” ungkap Riko Keket.

Nah, dengan standar protokol kesehatan yg telah sesuai, pasti acara akan berjalan aman dan lancar. Protokol kesehatan yang di mulai dari pengecekan suhu tubuh, menyediakan hand sanitizer/sabun cuci tangan dan wastafel, dan menegaskan para tamu undangan untuk menggunakan masker dan menjaga jarak.

Kemungkinan usaha Wedding Organizer ini muncul karena adanya peluang dalam kehidupan modern yang menginginkan kecepatan, kemudahan, dan kepraktisan untuk mengatasi masalah time deficiency masyarakat perkotaan dan juga mengikuti gaya hidup di masa sekarang ini. (analisa)