Pemerintah Kota Solok Gelar Musrenbang RPJPD Tahun 2025-2045

oleh -654 views
oleh
654 views

Kota Solok, – Penyusunan RPJPD Kota Solok Tahun 2025-2045 yang mengacu dan selaras dengan visi “Indonesia Emas 2045”, dan telah tercantum dalam Rancangan Akhir Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) Tahun 2025-2045, yaitu Negara Nusantara Berdaulat, Maju dan Berkelanjutan, Untuk itu Wakil Walikota Solok, Dr. H. Ramadhani Kirana Putra, pada Selasa kemarin, 5/3-2024, secara resmi membuka Musrenbang RPJPD Kota Solok tahun 2025 – 2045 yang dilaksanakan di Gedung Kubuang Tigo Baleh, Kota Solok.

Saat memberikan sambutannya, Wakil Walikota Solok mengatakan bahwa, Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) adalah dokumen perencanaan daerah yang memuat visi dan misi, arah kebijakan serta Sasaran Pokok Pembangunan Daerah untuk periode 20 tahun ke depan.

“Penyusunan RPJPD merupakan momentum untuk menentukan arah dan tujuan pembangunan Kota Solok yang kita cintai ini, agar nantinya anak cucu kita dapat menikmati
kehidupan yang lebih baik dan lebih sejahtera, oleh sebab itu masa depan sebuah Kota, harus didesain dengan benar,” ujar Wakil Walikota.

“Apa yang kita nikmati sekarang ini, semua itu adalah karya dari para pendahulu kita, dan semua yang kita lakukan hari ini, akan menjadi pedoman bagi generasi penerus untuk masa yang akan datang,” sambungnya.

Wakil Walikota menyampaikan, telah banyak pencapaian yang sudah kita raih dalam dua dekade, dalam pelaksanaan RPJPD Kota Solok Tahun 2005-2025 berujung kepada meningkatnya kesejahteraan masyarakat, dalam konteks capaian pembangunan makro di Kota Solok semua indikator telah menunjukan capaian yang baik.

“Untuk membangun kehidupan masyarakat Kota Solok yang maju, sejahtera, unggul dan berdaya saing, selama periode 2005 sampai Tahun 2023, telah banyak dibangun berbagai infrastruktur dasar, peningkatan kualitas Rumah Ibadah, Sarana Pendidikan, Sarana Kesehatan, Infrastruktur Ekonomi, serta berbagai fasilitas lainnya,” jelas Wakil Walikota.

Oleh karena itu, kata Wakil Walikota menambahkan, untuk kemajuan Kota juga terus dilakukan berbagai upaya penyediaan infrastruktur dan fasilitas publik seperti Stadion Olahraga, Ruang Terbuka Hijau, Rumah Sakit Umum Daerah, Fasilitas Pengolahan Air Bersih, Normalisasi Batang Lembang, Pengembangan Objek Wisata, dan fasilitas pendukung lainnya dengan pembiayaan pembangunan diperoleh dari APBN, APBD Provinsi dan sumber pembiayaan lainnya.

“Semua yang diprioritaskan di atas tidak akan terwujud tanpa adanya kerjasama dan dukungan penuh dari Masyarakat Kota Solok, serta dukungan dan keterlibatan seluruh Elemen Masyarakat, karena ini sangat diperlukan karena akan menentukan posisi Kota Solok Tahun 2045,” tambah Wakil Walikota mengakhiri sambutannya.

Ikut menghadiri, Ketua DPRD Kota Solok, Forkompimda Kota Solok, Sekretaris Daerah Kota Solok, Para Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Solok, Ketua KAN, Ketua LKAAM, Ketua Bundo Kanduang, Ketua Organisasi Profesi, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Kota Solok serta Undangan peserta Musrenbang RPJPD Kota Solok Tahun 2025-2045. (romi)