Pemko Pariaman Hadirkan Bazar Bahan Pangan untuk Cegah Inflasi

oleh -455 views
oleh
455 views

Pariaman–Pemko Pariaman telah mengadakan bazar yang menawarkan bahan pangan pokok dan hasil pertanian di Halaman Rumah Tabuik Subarang, Pariaman Tengah.

Bazar berlangsung atas kerjasama Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DPPP) dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi UKM, dan Perum Bulog.

Kegiatan ini rencananya berlangsung tanggal 28 Februari pukul 07.30 WIB dan akan berlanjut tanggal 6 Maret 2024 mendatang.

Anilta, Pelaksana Tugas Kepala DPPP Kota Pariaman, menyatakan bazar bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan bahan pangan pokok dan hasil pertanian.

Ia menyatakan harapannya agar melalui kegiatan ini, pemerintah daerah bersama Bulog dapat menekan harga beras dan mencegah kenaikan inflasi di Kota Pariaman.

“Inflasi Kota Pariaman termasuk yang tertinggi di nasional. Oleh karena itu, semoga kegiatan ini dapat menjadi strategi untuk mengendalikan inflasi,” ujarnya.

Bazar ini menawarkan berbagai macam bahan pokok, terutama hasil produk pertanian seperti cabe, bawang, telur, serta beras, gula, dan tepung dari Perum Bulog.

Ia menegaskan bahwa harga-harga yang di tawarkan pada bazar ini harus lebih rendah di banding harga pasar.

Harga beras SPHP kualitas medium per 5 kg di bazar adalah Rp 57.000, sementara di Pasar Pariaman mencapai Rp 160.000 per 10 kilogram.

Begitu juga dengan harga cabe merah, di bazar sekitar Rp 70.000/kg, lebih rendah dibandingkan dengan harga di pasar sekitar Rp 80.000/kg.

Plt Kepala DPPP Pariaman berharap kegiatan ini dapat membantu mengendalikan inflasi, menjaga harga-harga tetap stabil sesuai daya beli dan kebutuhan masyarakat. (**)