Pemko Pariaman Peringati Hari Bela Negara Ke-75 dan Hari Ibu Ke-95

oleh -681 views
oleh
681 views

Pariaman — Pemerintah Kota Pariaman gelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara (HBN) ke-75 dan Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-95 Tingkat Kota Pariaman Tahun 2023, di Halaman Balaikota Pariaman, Selasa (19/12).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Yota Balad dan diikuti oleh Forkopimda Kota Pariaman, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, BUMN/BUMD, Ketua TP PKK, DWP dan camat se-Kota Pariaman.

Yota Balad saat membacakan amanat Presiden RI, Joko Widodo mengungkapkan bahwa pada tanggal 19 Desember 2023 ini, kita dapat memperingati Hari Bela Negara Ke-75. HBN ini merupakan momentum bagi kita untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju yang kita cita – citakan.

“Tantangan kedepan semakin tidak terduga. Kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata. Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara”, ujarnya.

Ia mengajak masyarakat Indonesia untuk mengobarkan semangat bela negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air.

“Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, petunjuk, dan bimbingan dalam upaya kita untuk meraih Indonesia Maju, bersatu, berdaulat, mandiri, dan sejahtera”, ulasnya.

Lebih lanjut, Yota juga membacakan Pidato Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Bintang Puspayoga  mengatakan bahwa PHI dirayakan oleh seluruh masyarakat Indonesia baik di dalam maupun luar negeri setiap tanggal 22 Desember.

”PHI ke-95 Tahun 2023 masih mengangkat tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”. Pengambilan tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”, didasari oleh situasi dan kondisi di masyarakat saat ini, manakala persoalan kekerasan terhadap perempuan, kesenjangan akses ekonomi perempuan, dan keterwakilan perempuan dalam pengambilan keputusan masih sangat tertinggal dibandingkan laki-laki.

“Saya ingin mengajak semua masyarakat, khususnya kaum perempuan Indonesia untuk terus berkarya, mampu menjaga sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri dan meningkatkan kualitas dan kapabilitas dirinya.

Ia juga menambahkan semoga semangat para pahlawan dan pendahulu kita, dalam mempertahankan kedaulatan Indonesia, dan tonggak pergerakan perempuan di negeri Indonesia yang kita cintai ini, terus menjadi inspirasi bagi generasi muda, untuk melestarikan semangat Bela Negara dan kesetaraan gender dalam segala hal yang ada, dalam upaya kita bersama memajukan indonesia, dan daerah kita.

“Semoga kita semua yang hadir ini, dapat membangun Indonesia dan Sumatera Barat umumnya, serta Kota Pariaman khususnya, menjadi lebih tangguh, dan lebih maju lagi, dengan apa yang kita bisa, Amin ya robbal alamin”, tutupnya (rika)