Pemnag Panampuang Studi Tiru ke Sumut

oleh -408 views
Tingkatkan kapasitas aparatur Nagari Panampuang studi tiru ke Sumut 20-24 November (foto: dok/pnmp)

Medan,—Guna meningkatkan kapasitas aparatur Pemerintahan Nagari serta melihat perkembangan daerah lain, Pemerintahan Nagari Panampuang melaksanakan Studi Tiru ke Daerah Sumatera Utara, tepatnya ke Desa Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang dan beberapa daerah lain di Sumatera Utara.

Rombongan Studi Tiru Pemerintahan Nagari Panampuang terdiri dari Walinagari beserta Perangkat, Anggota Bamus, dan Lembaga Nagari dengan jumlah peserta sebanyak 27 orang. Kegiatan dilaksanakan selama 4 hari sejak 20-24 November 2019.

Rombongan disambut Kepala Desa Pematang Johar Sudarman, S.Pd yang didampingi oleh Ketua BPD dan Perangkat Desa Pematang Johar.

Kades Pematang Johar Sudarman dalam sambutannya menyampaikan bahwa ucapan selamat datang kepada rombongan serta menyampaikan ekpose perkembangan Desa Pematang Johar sehingga Desa Pematang Johar sebagai 5 besar Desa terbaik di Sumatera.

“Pematang Johar menyebutkan beberapa inovasi atau keunggulan Desa Pematang Johar, di antaranya tata kelola pemerintahan Desa, inovasi pelayanan Administrasi Kependudukan dengan aplikasi E-Desa serta Perkembangan BUMDesa dengan pengelolaan Wisata Sawahnya, karena sebagian besar Desa Pematang Johar adalah persawahan,”ujar Sudarman.

Sementara Walinagari Panampuang, Zulhendra, S.HI menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintahan Desa Pematang Johar yang telah menyambut dan menerima rombongan Studi Tiru yang langsung dipimpin Walinagari.

Walinagari menyampaikan bahwa ini salah satu bagian dan langkah bagaimana meningkatkan kapasitas aparatur Pemerintahan Nagari.

“Sekaligus melihat perkembangan dan kemajuan desa lain yang telah maju sebagai bahan referensi merumuskan program pembangunan nagari kedepannya, jelas Walinagari.

Setelah penyerahan plakat sebagai kenang-kenangan cinderamata serta oleh-oleh khas Panampuang, kegiatan dilaksanakan dengan peninjauan lokasi wisata sawah yang nantinya sebagai ikon wisata Desa Pematang Johar.(rilis: pemnag-pnmp)