Pemprov Sumbar dan Riau MoU Tol, Pertanian dan Perkebunan

oleh -78 views
Mou Pemrov Sumbar dan Riau Gubernur Sumbar, Buya Mahyeldi dan Gubernur Riau Syamsuar .(doc/ril)

Pekanbaru–Dalam kerangka optimalisasi pembangunan daerah demi kesejahteraan masyarakat sekaligus mendukung pembangunan nasional, Pemprov Sumbar dan Pemrov Riau menandatangani kesepakatan bersama dan perjanjian kerjasama antara kedua provinsi bertetangga ini, di Gedung Daerah Balai Serindit, Kota Pekanbaru, Jumat (12/11/2021) malam.

Kesepakatan bersama itu juga langsung ko ditindaklanjuti dengan 3 (tiga) Perjanjian Kerjasama antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, yaitu perjanjian kerjasama antara Dinas Perkebunan Tanaman Pangan Hortikultura kedua provinsi tentang kerjasama pengelolaan pertanian, tanaman pangan dan hortikultura.

Selanjutnya perjanjian kerjasama antara Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Riau dengan Dinas Pangan Provinsi Sumbar tentang distribusi ketersedian pangan.

Terakhir, perjanjian kerjasama antara Satuan Polisi Pamong Praja kedua daerah tentang penegakkan Perda dan Perkada, penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat di perbatasan.

Dalam sambutannya, Gubernur Sumbar, Buya Mahyeldi maupun Gubernur Riau Syamsuar bersyukur atas kerjasama ini dan berharap bisa ditingkatkan terus pada bidang lainnya dimasa mendatang.

“Terimakasih atas kerjasama ini yang merupakan wujud keseriusan kedua provinsi dalam optimalisasi penyelenggaraan pemerintahan melalui pelaksanaan kerjasama daerah. Dengan dinamika saat ini dan perkembangan dimasa mendatang, kerjasama merupakan keniscayaan dalam manajemen pemerintah daerah,” kata Gubernur Mahyeldi.

Tidak lupa Buya Mahyeldi juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh Pemprov Riau kepada Sumbar, khususnya pada saat melonjaknya kasus Covid-19 berupa oksigen cair sehingga masyarakat yang terpapar bisa mendapat perawatan maksimal.

Sebelumnya Gubri Syamsuar juga menyampaikan hal serupa. secara khusus Gubri juga berharap pembangunan pelabuhan di Air Bangis Pasaman yang berbatasan dengan Rokan Hulu, Riau, bisa segera diwujudkan. Termasuk juga Tol Sumbar-Riau sehingga bisa sama-sama dimanfaatkan oleh masyarakat kedua daerah.

“Riau sangat cinta dengan Sumbar. Semakin cepat jalan Tol nya, semakin baik. Setiap liburan atau akhir pekan, kendaraan plat BM sangat banyak di Sumbar. Jika Tol selesai, tentu plat BA juga bisa sampai ke Dumai,” harap Syamsuar.

Turut hadir dalam kegiatan yang berlangsung dalam suasana keakraban ini Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, jajaran Forkopimda Riau, kepala OPD kedua provinsi serta tokoh perantau Minang diantaranya Basrizal Koto.(doa/MMC)