Pengenalan Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Prestasi Belajar kepada Siswa MTSN 2 Koto Baru

oleh -332 views
oleh
332 views
Penggunaan gadged menjadi bahasan Mahasiswa KKN Tematik UNAND di Koto Baru. (dok)

MAHASISWA/I KKN Tematik Universitas Andalas di Koto Baru melakukan sosialisasi mengenai pengaruh penggunaan gadget terhadap prestasi belajar di MTSN 2 Kota Solok ,Sumatera Barat (Sumbar), Rabu 31/1-2024.

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di MTSN 2 Kota Solok ditujukan kepada siswa/i kelas 7, kegiatan ini dilakukan di aula mushalla sekolah dengan jumlah sebanyak 208 siswa/i. Pada pertemuan tersebut,dua mahasiswa KKN Tematik menjadi pemateri yang menyampaikan materi mengenai gadget dan media sosial.

Penanggungjawab dari kegiatan ini yang menyampaikan materi mengenai media sosial yaitu Devego Putra Dursia, mahasiswa tahun ketiga Universitas Andalas. Kemudian untuk materi penggunaan gadget disampaikan oleh Muhammad Kevin Maulana.

“Karena banyaknya dari remaja yang telah aktif menggunakan gadget, akan tetapi dari mereka masih banyak belum mengetahui dampak negatif dari penggunaan gadget yang berlebihan, maka melalui sosialisasi ini diharapkan kalangan remaja mengetahui dampak buruk dari penggunaan gadget itu sendiri dan dapat menggunakan gadget itu dengan bijak , “ujar Kevin.

Di era globalisasi ini, perkembangan digital terutama media sosial memainkan peran yang sangat penting contohnya instagram, Facebook, twitter, tiktok, whatsapp,dsb. Media sosial tersebut diakses melalui gadget yang merupakan alat elektronik dengan berbagai fitur yang dapat mempermudah aktivitas seseorang.

Banyak kegunaan yang didapatkan dari penggunaan gadget tersebut diantaranya menghimpun opini publik terhadap suatu masalah atau kebijakan tertentu , mempengaruhi dan memotivasi diskusi masyarakat terkait aktivitas, mudah menyebarkan informasi dengan memanfaatkan saluran informasi yang telah tersedia, dan menghimpun data, masukan, pendapat, dan kritik yang membangun.

Saat ini, penggunaan gadget sudah lebih luas, sehingga berdampak langsung terhadap kehidupan masyarakat. Dampak yang ditimbulkan dari pemakaian gadget ini yaitu berupa dampak positif dan dampak negatif.

Dampak positifnya seperti dapat mempermudah manusia dalam segala hal , segalanya bisa dilakukan dengan cepat dan mudah, menciptakan solidaritas sosial , memberi informasi yang mendidik dan berguna , mampu mendekatkan manusia terutama relasi dan pemikiran.

Sedangkan dampak negatifnya yaitu waktu terbuang untuk media sosial bahkan kecanduan menggunakannya, tayangan dewasa, kekerasan, dan horror, komunikasi pribadi antar keluarga menjadi berkurang ,munculnya informasi atau berita hoax.

Penggunaan gadget untuk mengakses media sosial memang baik untuk remaja, karena di media sosial kita akan mendapatkan banyak teman, informasi, bisnis dan sebagainya.

Tetapi para remaja harus dapat membagi waktu antara orang tua, belajar, dan teman yang berada di dunia nyata. Untuk itu,dengan adanya kegiatan sosialisasi ini diharapkan para siswa/i dapat memanfaatkan gadget kearah yang positif sehingga menghasilkan dampak yang positif juga.(analisa)

Oleh: Nuraini Fitri

Mahasiswa KKN Tematik UNAND