Pentingnya Pemikiran yang Logic dalam Pengelolaan Lingkungan di Era 5,0

oleh -906 views
oleh
906 views
Ananda Hidayah Safitri Mahasiswa UNAND (dok)

SEPERTI yang kita ketahui pada saat ini lingkungan kita sudah banyak tercemar baik itu melalui udara, tanah atau lain sebagainya.

Pengelolaan lingkungan hidup ialah usaha secara sadar memelihara atau memenuhi kebutuhan makhluk hidup sebaik baiknya.

Tetapi kesadaran akan mengelola lingkungan di era sekarang ini sangatlah minim. Maka dari itu diperlukan kesadaran serta pemikiran yang logic akan pengelolaan lingkungan yang baik. Nah, Apa itu pemikiran yang logic?

Pemikiran logic ialah suatu tindakan menganalisis situasi sehingga bisa menghasilkan solusi yang baik.

Menurut The Balance Career , akan selalu mengamati dan menganalisis segala fakta dan kemudian baru akan menarik kesimpulan. Sebelum mereka bertindak pastinya mereka akan memikirkan nya secara matang, apakah itu akan berdampak lebih baik ataupun lebih buruk.

Pemikiran logic (logis) ini juga bisa membantu menyelesaikan permasalahan ataupun mencari solusi dari masalah lingkungan kita pada saat ini.

Seseorang yang berpikir secara logis adalah dalam pemecahan sebuah masalah tidak memiliki sifat merasa paling benar, mudah memperoleh kebenaran, sangat menghindari percaya pada mitos, mudah dalam memeroleh solusi, dan selalu berpikir kritis dalam segala situasi kondisi.

“Logis adalah dapat didefinisikan sebagai pengetahuan dalam menelaah sebuah permasalahan secara cermat dan tepat,” dijelaskan oleh salah seorang ahli, W. Poespoprodjo.

“Logis adalah sebuah perkataan mengenai cara berpikir yang berpedoman pada sebuah keilmiahan. Cara berpikir logis adalah akan membentuk sebuah pemikiran yang dapat membaur dengan pemikiran orang lain,” dijelaskan oleh filsuf Yunani, Aristoteles.

Sedangkan, lingkungan yang sehat ialah segala sesuatu yang berpengaruh pada tumbuh kembang manusia, baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Lingkungan yang sehat akan berdampak baik bagi manusia, begitupun juga sebaliknya, Lingkungan yang buruk tentu akan berdampak buruk juga. Tapi mendapatkan lingkungan yang sehat tidak bisa secara cuma cuma.

Maka dari itu pengelolaan lingkungan diperlukan, karna lingkungan yang buruk akan banyak menimbulkan dampak negatif bagi perkembangan manusia. 

Dengan banyaknya kerusakan diberbagai tempat, baik itu faktor alam, bencana atau pun ulah manusia diperlukan pemikiran yang logic untuk menyelesaikan masalah tersebut.  Lingkungan yang baik ialah lingkungan yang nyaman. 

Semisal adanya bencana yang disebabkan faktor alam, orang yang logic pasti akan mempertanyakan dulu kenapa bencana itu bisa terjadi? diamati dulu apa faktor faktor yang menyebabkan itu bisa terjadi. Setelah menemukan faktornya tentunya akan mencari solusi yang bisa menyelesaikan masalah itu. Jika kita tidak berfikiran logic pasti kita akan bingung apa yang harus kita lakukan ketika bencana itu terjadi. 

Begitupun dalam pengelolaan lingkungan, tentunya kita harus memikirkan nya secara matang bagaimana lingkungan tersebut bisa terjaga. Contoh dengan cara membuang sampah pada tempatnya, menanam pohon, menghemat energi dan masih banyak lain nya. Untuk mengelola itu dengan baik pastinya diperlukan pemikiran yang logic agar itu tetap terjaga bukan semata mata hanya untuk ikut ikutan. 

Pemikiran yang logic ini bisa dicontohkan semisalnya “membuah sampah itu harus langsung ke tempatnya” itu adalah pemikiran yang benar, sedangkan pemikiran yang salah adalah “membuang sampah di sembarang tempat dan menganggap orang lain akan membersihkan nya”. Terlihat perbedaan dari pemikiran tersebut bukan?

Degradasi lingkungan adalah kerusakan terhadap lingkungan melalui penipisan sumber daya seperti udara, air, tanah. Kerusakan ekosistem, habitat dan kepunahan juga termasuk kerusakan lingkungan. Pemikiran yang logic juga bisa diikut sertakan dalam membantu kerusakan lingkungan ini. Bagaimana cara mengatasi serta solusi yang konkrit dalam mengatasi permasalahan ini.

Kondisi lingkungan yang buruk tentu juga akan menyulitkan masyarakat untuk bisa keluar dari kemiskinan dan kelaparan, terutama jika mereka menggantungkan pendapatan nya pada sektor pertanian. Dengan menjaga lingkungan tadi secara tidak langsung kita juga telah membantu orang orang tersebut. 

Seseorang membutuhkan kemahiran berfikir logis dalam segala permasalahan termasuk masalah lingkungan ini agar menghasilkan kesimpulan dan keputusan yang tepat dalam kelangsungan pengelolaan lingkungan.

Dengan banyaknya polusi yang muncul di era sekarang ini, apalagi di daerah ibu kota akan sangat berdampak negatif bagi lingkungan dan juga bagi kesehatan. Seharusnya kita bisa memikirkan cara bagaimana hal itu bisa diatasi. Semisal dengan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, itu juga akan mengurangi polusi udara dan macetnya jalanan di ibu kota.

Lebih baik sedari dini teman-teman semua mulai mengasah kemampuan berfikir, karna berfikir itu relatif pasti semua orang bisa berfikir, tapi tidak semua orang memiliki kemampuan berfikir yang kritis.

Pemikiran kritis atau logic sangat berguna dalam segala hal agar kita dapat membedah masalah yang kita hadapi dengan baik. Melatih kemampuan berfikir sangat banyak caranya. Teman-teman bisa dengan banyak bertanya, dengan banyaknya jawaban yang teman teman terima pastinya itu akan mengubah mindset kita dan kita jadi tau bagaimana sudut pandang orang lain.

Serta juga mempertimbangkan pandangan ke depan, semisal lingkungan tadi jika kita memikirkan pandangan ke depan nya, apa dampak nya pastinya lingkungan kita akan lebih baik dan terjaga tentunya.(analisa)

Oleh: Ananda Hidayah Safitri
Mahasiswa UNAND