Penyelam Brimob Polda Sumbar Diseleksi untuk Rekor Dunia

oleh -139 views
Puluhan anggota Gabungan Satker Jajaran Satbrimob Polda Sumbar melakukan latihan scuba sekaligus seleksi penyelam bersama club selam Minangkabau Diver, di kolam renang Teratai, GOR H. Agus Salim, Padang, Jumat 12/4. (foto: brimobda-sumbar)

Padang—Menyambut sekaligus berpartisipasi untuk memecahkan tiga rekor dunia dalam agenda Dirgahayu RI ke-74 tahun ini.

Puluhan anggota Gabungan Satker Jajaran Satbrimob Polda Sumbar, terdiri Yon-A Por, Yon-B Por dan Den Gegana Satbrimob latihan scubadiving sekaligus seleksi penyelam bersama club selam Minangkabau Diver, di kolam renang Teratai, GOR H. Agus Salim, Padang, Jumat 12/4.

Para prajurit diuji di kolam tiga kedalaman lima meter, pertama dengan melaksanakan renang 200 meter, terus dilanjutkan statik dan dinamik apnea serta waterproofing (mengapung di atas permukaan air selama 15 menit).

Hal itu dikatakan Wadansat Brimob Polda Sumbar AKBP Zulkifli Ismail didampingi Danyon A Pelopor , Kompol Apri Wibowo. Ia mengatakan, prajurit diseleksi awal di kolam, sehingga para pelatih dapat mengetahui ketahanan fisik. Meskipun, kemampuan para prajurit sedari awal memang telah baik.

“Ini bisa saja kita sebut sebagai warming up, disamping itu tentu melihat ketahanan fisik serta keseriusan para peserta,” ujar Zulkifli kepada awak media.

Zulkifli menerangkan, latihan sekaligus seleksi untuk nantinya mampu beradaptasi dengan lingkungan perairan Pantai Manado, Kawasan Megamas Manado Sulawesi Utara.

Sebab, para prajurit gabungan Satker Jajaran Satbrimob Polda Sumbar akan diberangkatkan ke sana untuk turut berpartisipasi dalam memecahkan rekor dunia, yakni penyelaman massal, pembentangan bendera terbesar di bawah air sekaligus penyelaman terpanjang di bawah air.

“Menyukseskan agenda tersebut, komandan memintakan kepada kita untuk menggandeng klub selam Minangkabau Diver untuk sama-sama melaksanakan seleksi sekaligus latihan selam,” ungkapnya, diamini Iptu Sonny Alexander Simatupang, Pasi Ops Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sumbar.

Sebelumnya, Dansat Brimob Polda Sumbar, Kombes Pol Djoko Purnomo membenarkan hal tersebut saat silaturahmi bersama club selam Minangkabau Diver di Mabes Satbrimob Polda Sumbar, Padang Sarai beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, bakal mengirim delegasi ke Manado untuk menyukseskan agenda memecahkan rekor dunia dalam penyelaman massal, berbaur dengan 3000 penyelam pria dan wanita dari seluruh dunia. Agenda ini katanya, dalam rangka memperingati Dirgahayu Republik Indonesia ke-74.

Terangnya, tiga rekor dunia itu merupakan salah satu agenda Wanita Selam Indonesia (WASI) yang merupakan dibawah naungan Pengurus Besar Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (PB-POSSI). Selain itu, pelaksana kegiatan dalam hal ini, yakni Ketua WASI, Ny Tri Suswati Tito Karnavian didampingi tim.

“Agendanya kan digelar Agustus mendatang, tentu perlu persiapan dari sekarang. Sehingga tidak ada kendala setiba di lapangan. Ini bukan sekadar mengibarkan bendera akan tetapi untuk meningkatkan kesadaran untuk melindungi laut kita,” ujarnya.

Sementara itu, instruktur selam di Minangkabau Diver, Mabruri Tanjung mengatakan, pihaknya siap bekerja sama terkait pelatihan selam tersebut. Selain mendukung agenda WASI, tentunya memberi dampak positif bagi Satbrimob Polda Sumbar terkait pemberdayaan prajurit disatuannya. (*rilis:brimobpolda sumbar)