Penyuluhan Pengelolaan Hama Terpadu dan Amoniasi Jerami Padi Sebagai Pakan Ternak di Kampung Cumateh Nagari Duku

oleh -276 views
oleh
276 views
Mahasiswa KKN Unand gelar penyuluhan hama terpadu di daerah pengabdianya. (dok)

Oleh : Nadia Khairati, Zorattun Hasanah Zomi, Meycia Monanisa, Elvi Zahri Herawati Syam, Rizki Alhidayat, Melanda Dewi

Mahasiswa KKN UNAND

Mahasiswa KKN PPM UNAND di Kenagarian Duku, Kecamatan Koto XI Tarusan gelar penyuluhan mengenai pengelolaan hama secara terpadu dan amoniasi pakan dari jerami padi pada hari Kamis (11/8/2022).

Kegiatan ini di latar belakangi atas kepedulian dari Mahasiswa KKN UNAND dari berbagai prodi yaitu Biologi (MIPA), Kimia(MIPA), Proteksi Tanaman(Pertanian) dan juga Peternakan tentang bahaya dan dampak yang di timbulkan dari penggunaan pestisida yang terbuat dari bahan kimia terhadap lingkungan dan juga hewan ternak.

Kegiatan ini di tujukan kepada kelompok tani dan peternak di Nagari Duku. Kegiatan ini juga dilakukan dengan bekerjasama kepada Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) dalam menyukseskan penyuluhan kepada kelompok tani.

Penyuluhan dilakukan dengan cara pemberian materi tentang pengelolaan hama dengan cara menggunakan pupuk organik yang mana lebih efektif dan dapat meminimalisir dampak dari penggunaan pestisida anorganik kepada kelompok tani kampung Cumateh di pondok yg di miliki kelompok tani tersebut. Limbah pertanian seperti jerami padi yang seringkali terbuang dan dibakar setelah masa panen oleh petani dapat dimanfaatkan oleh peternak sebagai pakan ternak (sapi, kerbau, kambing) dengan sistem amoniasi jerami padi dengan penambahan bahan kimia berupa urea dalam pengolahannya.

Adapun manfaat proses pembuatan amoniasi jerami padi dijadikan sebagai pakan ternak untuk meningkatkan daya cerna, protein, dan palatabilitas yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan ternak. Setelah pemberian materi dilakukan diskusi dengan kelompok tani mengenai materi yg di sampaikan oleh mahasiswa KKN UNAND. Dalam diskusi tersebut kelompok tani sangat antusias terhadap materi yang di berikan sehingga antara mahasiswa dan kelompok tani dapat saling berbagi informasi dan pengalaman mengenai pertanian dan peternakan.

Harapan dari kegiatan ini agar kelompok tani di nagari duku dapat memahami dan bertambah wawasan nya tentang pengelolaan hama dan penggunaan pestisida organik lebih banyak dari pada pestisida anorganik. Selain itu kelompok tani di nagari duku juga dapat membagikan apa sudah mereka dapat dari penyuluhan bisa berbagi kepada kelompok tani yg lain yg ada di seluruh Nagari Duku.(analisa)