Peran Klasifikasi dalam Media Massa

oleh -478 views
oleh
478 views

APA yang akan terlintas di pikiran kita, jika mendengar kata klasifikasi? klasifikasi adalah sebuah pengelompokkan, pembagian dari sebuah definisi maupun objek.

Klasifikasi memiliki penjelasan materi yang luas. Sebuah klasifikasi dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Setiap manusia pasti pernah melakukan klasifikasi yang mana memiliki manfaaat dapat memudahkan seeorang dalam membagi kedalam sebuah hal agar dimudah dimengerti.

Pembagian dan klasifikasi adalah dua hal yang saling berdekatan namun sebenarnya memiliki perbedaan.

Klasifikasi mengarah pada pembagian logis dan pembagian sendiri mengacu pada hal pembagian fisik. Klasifikasi merupakan pembagian namun tidak semua pembagian dapat di sebut dengan klasifikasi. Pembagian dapat memecah suatu bagian yang besar ke bagian-bagian yang kecil, tanpa adanya kriteria.

 Pembagian pada umumnya akan bersifat memudahkan dalam membuat gagasan menjadi lebih jelas dan mudah dimengerti. pembagian akan banyak ditemukan dalam kehidupan Pendidikan dan disiplin ilmu.

Pentingnya pembagian juga dapat dirasakan pada sebuah organisasi. Pembagian akan membagi sebuah pekerjaan yang ada diorganisasi supaya efisien dan efektiv. 

 Klasifikasi memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan. Contohnya dengan memudahkan seseorang dalam membagi sebuah definisi sehingga dapat dipahami. Di berbagai bidang kehidupan, kita mengklasifikasikan sesuatu sesuai dengan definisinya. Klasifikasi memiliki manfaat memudahkan, namu pembagian akan lebih dahulu mempunyai peran dalam mengklasifikasikan sebuah definisi. Bidang-bidang pembagian dalam konteks kehidupan seperti, ekonomi, politik, sosial, budaya, kenegaraan dan lain-lain. 

Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak bisa terlepas dari sebuah peran yang sangat berkaitan dengan pembagian-pembagian dalam kehidupan. Salah satu peran yang memiliki pengaruh terhadap klasifikasi ini adalah peran sebuah media massa.

Media massa sangat erat dalam sebuah klasifikasi. Klasifikasi yang membuat sebuah media massa akan jauh lebih jelas dalam pembagian dan spesifikasi dalam mengabari sebuah informasi. 

Media massa adalah sarana yang dapat digunakan oleh manusia dalam berkomunikasi. Perkembangan media massa dari zaman ke zaman memuat perubahan yang cepat dan sangat signifikan.

Ketika teknologi belum ada, kita dapat melihat dan mendengar berbagai informasi hanya melalui media masssa. Hal ini yang membuat media massa sangat diperlukan untuk pernyebaran sebuah informasi.

Seiring perkembangan zaman, media informasi semakin memiliki alat-alat yang semakin canggih. Teknologi yang membawa pengaruh baik semakin membuat orang untuk bisa mendapatkan informasi lebih awal.

Perkembangan media massa mencerminkan perubahan dalam bagaimana berita dan informasi disebarkan, diakses, dan diperdebatkan oleh masyarakat. Media massa terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi serta perubahan sosial agar tetap relevan dan memenuhi kebutuhan audiens modern. Perkembangan teknologi sangtlah berkaitan dengan klasifikasi. Hal ini akan membawa sebuah peran klasifikasi dimana akan membagi ke berbagai peran yang lebih spesifik dalam kehidupan. 

Berikut ada beberapa peran klasifikasi dalam media massa :

Peran yang pertama adalah klasifikasi pengelompokkan berita. Klasifikasi digunakan untuk mengelompokkan berita berdasarkan topik, jenis atau kategori tertentu, seperti politik, ekonomi, olahraga, hiburan, dan lain-lain. Hal ini yang membuat mereka akan mudah menemukan berita yang sesuai minat mereka. 

Peran yang kedua adalah rekomendasi konten. Dalam platform digital seperti situs berita online, klasifikasi digunakan untuk merekomendasikan konten kepada pengguna berdasarkan preferensi sebelumnya. Hal ini akan membantu dalam personalisasi pengalaman masyarakat dan meningkatkan retensi.

Peran yang ketiga adalah klasifikasi gambar dan video. Klasifikasi digunakan untuk mengelompokkan konten visual ke dalam kategori tertentu, seperti iklan, berita, atau hiburan. Kita dapat dengan mudah menentukan media visual yang diinginkan seperti televisi, atau situs web yang menampilkan gambar dan video.

Peran yang keempat adalah klasifikasi untuk iklan target. Artinya klasifikasi digunakan untuk menargetkan iklan pada audiens yang tepat. Klasifikasi dapat melibatkan audiens berdasarkan minat, demografi, dan perilaku online. 

Peran yang kelima adalah klasifikasi digunakan pada konten historis. Maksudnya adalah untuk mencari dan mengorganisasi konten historis. Ini dapat memudahkan seseorang dalam penelitian dan pengambilan informasi dari arsip media yang besar. 

Peran yang terakhir adalah klasifikasi digunakan untuk konten editorial. Pada media massa klasifikasi memiliki peran yaitu untuk mengatur dan mengelola konten editorial. Klasifikasi membantu para editor untuk lebih mudah dalam pengambilan keputusan yang lebih baik, tentang bagaimana menampilkan berita dan cerita. 

Itulah beberapa peran klasifikasi pada kehidupan sehari-hari terutama pada bidang media massa. Agar peran tersebut berjalan sesuai yang diharapakan maka kita sebagai audiens yang menangkap informasi harus tau bahwa konten atau informasi apa yang cocok bagi kita. Jangan sampai kita salah dalam menangkap informasi yang ternyata memiliki pengklasifikasian yang berbeda.

Para audiens diharapakan mampu mengklasifikasi sebuah informasi sesuai tempatnya. Peran klasifikasi dalam dunia massa merupakan tonggak penting dalam menghadirkan konten yang relevan, informatif, serta bisa memuaskan para audiens yang semakin kritis. Dalam era perkembangan informasi yang berlimpah, peran klasifikasi akan memberikan landasan yang kuat dan menjaga kualitas dan keberagaman informasi agar tidak terjadi disinformasi.(analisa)

Oleh: Jihan Nur Alifah
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNAND