Peringatan Hari Guru 2022, Inovasi dan Transformasi Jadi Kata Kunci

oleh -42 views
Bupati Solok Selatan Khairunas bacakan sambitan tertulis Menteri Nadiem Makarim pada peringatan HUT PGRI 25/11-2022. (kampai)

Padang Aro – Upacara peringatan Hari Guru 2022 dan HUT ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Solok Selatan berlangsung dengan khidmat. Dalam peringatan tahun ini, inovasi dan transformasi menjadi kata kunci dan upaya yang dilakukan terus menerus oleh pemerintah, mulai dari pusat hingga ke daerah.

Bupati Solok Selatan H. Khairunas, saat membacakan sambutan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, mengatakan upaya untuk berubah ini telah dilakukan untuk meninggalkan kebiasaan lama yang sudah tidak lagi sesuai dengan tantangan dana kebutuhan zaman.

“Hal ini juga didorong oleh semangat kita untuk terus berinovasi, menciptakan perubahan dan kebaruan yang membawa kita melompat ke masa depan,” kata Khairunas saat upacara di GOR Supreme Energy, Pauh Duo, Jumat 25/11-2022.

Perubahan ini tak hanya dilakukan oleh guru, namun juga dilakukan paralel oleh pemerintah pusat untuk berinovasi dan mengubah cara pandang dan cara kerja agar bisa memberikan layanan terbaik kepada pendidik dan peserta didik di Indonesia.

Saat ini setiap guru di Indonesia sudah terkoneksi mulai dari Sabang hingga Merauke melalui platform yang telah disediakan.

Selain itu juga telah diadakan program Guru Penggerak untuk menghasilkan generasi baru kepemimpinan pendidikan. Untuk itu, Guru Penggerak ini akan menjadi prioritas untuk diangkat menjadi kepala sekolah dan pengawas sekolah.

Di samping itu, pemerintah juga telah melakukan transformasi dalam program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan dengan metode yang lebih inkuiri dan memberikan praktek lapangan.

Terakhir adalah untuk memastikan kesejahteraan guru dengan cara pengangkatan guru honorer menjadi ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Sekarang adalah waktu yang tepat untuk menyamakan arah perjalanan kita menuju satu tujuan bersama, yakni pendidikan Indonesia yang maju, berkualitas, dan memerdekakan.”

“Terus bentangkan layar kapal besar ini tanpa kenal lelah, dengan serempak dan serentak kita hadirkan inovasi dan transformasi, mewujudkan Merdeka Belajar di Seluruh penjuru Nusantara,” tandasnya.

Upacara bendera peringatan HUT PGRI, yang disertai dengan penyerahan hadiah berbagai lomba dan doorprize tersebut, juga dihadiri oleh Forkopimda, dan jajaran OPD di Solok Selatan. (kanpai)