Peringati Hari Juang Kartika, Prajurit Kodim 0308/Pariaman Perbaiki Irigasi

62
Gotong royong personil Kodim 0308/Pariaman perbaiki irigasi jebol akibat hujan deras dalam rangka Hari Juang Kartika 2017, Rabu 6/12 di Kayu Tanam. (foto: penrem032/wbr)

Padang Pariaman,—Pasca jebolnya Bendungan Irigasi Primer Tali Banda Baru Korong Pasa Surau Guguk akibat hujan deras mengakibatkan area sawah di Nagari Kayu Tanam terancam kekeringan.

Sadar akan fungsi jaringan irigasi itu, dan dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika prajurit Kodim 0308/Pariaman gelar gotong royong Karya Bakti TNI bersama warga perbaiki irigasi ambrolnya i itu, Rabu 6/12.

Menurut Dandim 0308/Pariaman, Letkol (Arh) Hermawansyah,S.I.P mengatakan Kegiatan Karya Bakti ujud tulus prajurit TNI membantu petani Nagari Kayu Tanam, juga dalam rangka Hari Juang Kartika (HJK) Tahun 2017.

“Kita gelar di tempat ini (Bendungan Irigasi Primer Tali Banda Baru Korong Pasa Surau Guguk, red) karena sebelumnya tempat ini pada beberapa hari yang lalu jebol dan airnya meluap, sehingga mengakibatkan lebih kurang 600 Hektar area sawah di Nagari Kayu Tanam yang sebentar lagi akan memasuki masa bercocok tanam menjadi kekurangan air dan terancam kekeringan,”ujarnya

Kegiatan gotong royong ini di antaranya memasang tanggul yang membatasi sungai dengan jalur irigasi yang jebol dengan menumpuk material batu di lokasi,.

“Bahkan untuk mengambil material batu dan kayu dari seberang sungai yang ada di sekitar lokasi, kita menggunakan alat bantu ban dalam mobil,”ujar Dandim.

Kegiatan Goro dalam rangka Hari Juang Kartika itu dihadiri Pasiter Kodim, Wali Nagari, Wali Korong Senagari Kayu tanam, Babinkamtib Polsek Sicincin, Ka UPTD Kayu tanam, Kelompok Tani wilayah Kayu tanam.

“Sangat terbantu sekali adanya kerja bakti TNI bersama rakyat petani untuk selamatkan areal persawahan dari ancaman kekeringan,”ujar seorang petani saat kerja bakti bersama personil TNI. (penrem032/wbr)

BAGIKAN