Perkuat UMKM, Kinerja BPKM Harus Dibuktikan

oleh -70 views

Jakarta — Anggota Komisi VI DPR, Hj. Nevi Zuairina Meminta kepada Pemerintah melalui Komisi VI untuk mempercepat realisasi bantuan pemerintah atau bantuan presiden kepada UMKM.

Bantuan untuk UMKM ini menurutnya akan mempertahankan pertumbuhan ekonomi Nasional untuk tidak Minus. Bahkan akan bertahan pada kisaran 3 persen hingga 3,5 persen.

“Pemerintah melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pun telah mengakui, bahwa Kunci Ekonomi domestik adalah UMKM. Dan UMKM ini bila sehat secara serentak se Indonesia, akan menjadi benteng pertahanan negara dalam stabilisasi ekonomi nasional,” tutur Nevi.

Legislator asal Sumatera Barat II ini dalam menjalankan aktivitas di daerah pemilihannya selalu mengupayakan bantuan kepada UMKM baik secara mandiri dari pribadi, juga bekerjasama dengan pemerintah pusat dan daerah agar masyarakat terus bergeliat kegiatan usahanya.

Nevi mencontohkan, berbagai kegiatan bantuan untuk UMKM berupa Modal kerja, Pelatihan pendampingan pelaku UMKM, bantuan alat hingga pameran pemasaran Produk UMKM. Anggota DPR ini kerap memborong produk-produk UMKM berbagai sektor dari tekstil hingga makanan. Hasil pembeliannya ia bagi-bagi kepada masyarakat kurang mampu di dapilnya atau untuk pendamping operasional para relawan di tiap kabupaten kota yang selama ini membantunya.

“Saya perlu mengkonfirmasi pernyataan BKPM, yang akan fokus mengelola UMKM dengan baik, terutama di daerah pemilihan saya. Karena upaya memperkuat UMKM ini telah di mulai sejak Penandatanganan Nota Kesepahaman antara BKPM dengan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM),”jelas Nevi.

Politisi PKS ini, ketika di lapangan masih menemukan tidak lancarnya Bantuan alat, bantuan modal kerja, bantuan modal yang berasal dari Bantuan Presiden. Oleh karena itu ia meminta kepada pemerintah melalui komisinya di DPR agar semakin mempergencar realisasi bantuan ini. Karena menurutnya, harapan pemerintah akan kontribusi UMKM terhadap ekonomi nasional mencapai 60 persen hanya akan sia-sia karena tidak selaras antara harapan dan kinerja di lapangan.

“Saya selalu mendukung upaya pemerintah untuk memajukan UMKM. Karena selama ini sudah terbukti, pada kasus gejolak ekonomi tahun 1998 di Indonesia, yang menyelamatkan ekonomi Indonesia bukan Korporasi besar. Tapi UMKM lah yang menjadi garda terdepan dalam penyelamatan ekonomi nasional,”tutup Nevi Zuairina.(rilis: nzvoice)