Pertama Sejak Musim Covid-19, 361 Swab Diperiksa Hasilnya Nihil Positif

oleh -161 views
SPH layani masyarakat ambil sampel swab dan rapid test, Jumat 29/5 (foto: dok/own)

Padang,—Semoga ini tanda-tanda postif bagi penanganan Covid-19 di Sumatera Barat (Sumbar) dan mungkin menjadi pertama sejak musim covid-19 dengan sample swab 361 hasik periksa labor nihil positif Covid-19.

”Allhamdulillah hari ini tidak ada penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumbar,”ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumbar Jasman, Jumat 29/5 di Padang.

Jasman yang juga Kadis Kominfo Sumbar mengatakan total sampai hari ini jumlah pasien positif  Sumbar 541 dan hari ini juga ada enam pasien dinyatakan sembuh.

”Total pasien postif Covid Sumbar sembuh sampai hari ini sudah 250 orang,”ujar Jasman.

Tidak ada penambahan pasien positif kata Jasman Berdasarkan laporan dari Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Bukittinggi dibawah pimpinan dan penanggungjawab Dr. dr. Andani Eka Putra, M. Sc.

”Dua laboratorium pemeriksa swab direkomendasikan Kemenkes RI, hari ini memeriksa 361 sample swab, hasilnya, Allhamdulillah tidak ada terkonfirmasi postif Covid-19, justru hari ini ada enam pasien dinyatakan sembuh,”ujar Jasman.

Tidak terjadi penambahan pasien postif hari ini dan adanya pasien sembuh maka total positif terinfeksi covid-19 Sumbar per Jum’at 29 Mei 2020, 541 orang.

”Ricinannya 122 orang dirawat di berbagai Rumah Sakit, isolasi mandiri 42 orang, isolasi daerah 2 orang, Bapelkes 13 orang, BPSDM 35 orang, BPP Padang 14 orang, dan di BDK 38 orang, pasien positif meninggal dunia 25 orang dan sembuh 250 orang,”jelas Jasman.

Perawat OK SPH Sembuh

Direktur Semen Padamg Hospital (SPH) Kol CKM Purn dr Farhaan Abdullah menyatakan sampai Kamis kemarin sudah 11 pasien positif dirawat isolasi di SPH sembuh Covid-19.

“Allhamdulillah total pasien sembuh Covid-19 di SPH 11 orang, termasuk satu perawat OK kami juga dinyatakan sembuh,”ujar Farhaan.

Bahkan progres pasien positif Covid-19 yang dirawat isolasi di SPH cukup menggembirakan.

“Perkembangan pasien lain yang masih rawat isolasi di SPH kesehatannya menunjukan kearah kesembuhan, sudah melakukan swab dua kali menunggul hasil labor,”ujar Farhaan, Jumat siang tadi.(rilis: kominfosb/koko)