Pesan IP ntuk Wartawan Lulus UKW, ‘Bekerjalah Profesional’

oleh -247 views
Irwan Prayitno tutup UKW dilaksanakan PWI Sumbar, Minggu 26/1.(foto: il)

Padang,—Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) diselenggarakan PWI Sumbar, Sabtu-Minggu (25-26/1) usai, Adril Mahaputera satu dari 23 peserta lulus dinyatakan berkompetensi sebagai wartawan muda.

“Allhamdulillah semua materi UKW oleh penguji wak dinyatakan lulus, semua peserta kemarin juga dinyatakan berkompeten, pacah talua, UKW kemarin semua peserta lulus,”ujar Chail panggilan akrab Adril Mahaputera, Senin 27/1 di Padang.

Saat penutupan UKW kemarin menarik pesan Gubernur Sumbar untuk wartawan, Irwan minta wartaaan berkompeten bekerja profesional.

“Dengan kompetensi wartawan, profesionalisme profesi terjaga sesuai aturan. Insha Allah, rezeki itu akan mengalir,”ujar Irwan Prayitno.

Dari catatan media ini, PWI Sumbar termausk yang inten melaksanakan UKW, baik dilaksanakan sendiri atau disupport oleh Pemprov Sumbar.

Menurut Ketua PWI Sunbar Heranof Firdaus mengatakan dunia wartawan itu sangat luas. Buktikan kompetensi dalam menjalankan profesi.

Direktur UKW Dewan Pers PWI Pusat Prof. Dr. Rajab Ritonga mengatakan Semua orang bisa dan boleh jadi wartawan tapi tidak semua yang bisa berkompeten.

“Sampai Minggu kemarin baru 10 persen wartawan di Indonesia berkompeten dari ratusan ribu orang bekerja sebagai wartawan,”ujarnya.

Gubernur Sumbar Prof Dr H. Irwan Prayitno sangat Mlmendukung adanya kompetensi wartawan. Dan alangkah baiknya apa pun tamatannya untuk menjadikan suatu profesi itu sebagai pekerjaan, baiknya ada pembelajaran lagi.

“Kapasitas, Kompetensi dan Profesi Jadilah wartawan yang berbeda dengan kompetensi ini,”ujarnya.(il)