Pesan Kadis pada Penulis Kumcer “Tasbih Untuk Papa”: “Teruslah Berkarya, Kembangkan Potensi Diri…”

oleh
Kadis Pendiidkan Sumbar.membolak balik buku karya penulis Siswa SMAN 3 Padang, Senib 18/3 (foto: dok)

TERUSLAH berkarya, berinovasi dan berkreasi. Kembangkan potensi diri sehingga buah karya menjadi bermanfaat bagi orang lain…

Pesan tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Burhasman, ketika menerima secara khusus penulis kumpulan cerpen Tasbih Untuk Papa, Zhilan Zhalila, di ruangan kerjanya, Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumatera Barat, di Padang, Senin (18/3) kemarin.
Burhasman memberikan apresiasi kepada siswi kelas X. IPA 4 SMA Negeri 3 Padang tersebut, lantaran kumpulan cerpennya baru saja diterbitkan.

Sang Kadis kemudian membuka lembaran demi lembaran buku kumpulan cerpen tersebut. Sejumlah materi yang ada dalam buku itu kemudian dikonfirmasikan ulang kepada penulisnya. Zhilan menjelaskan beberapa materi yang ditanyakan oleh Burhasman,

“Jangan pernah berhenti berkarya. Teruslah belajar, berlatih dan menghasilkan karya. Jika perlu, mulailah dengan karya yang spesifik,” kata sang Kepala Dinas memberikan apresiasi.

Burhasman menyebutkan, kemampuan menulis adalah sebuah keahlian khusus. Tak semua orang memilikinya.

Kemampuan yang tidak dimiliki semua orang tersebut, merupakan sebuah anugerah. Sebuah berkah. Teruslah pelihara berkah dan anugerah tersebut.
Makanya, ia meminta Zhilan Zhalila yang karyanya cerpennya sudah menembus media cetak ketika masih duduk di bangku kelas VI SD, terus berkarya. Jangan pernah berhenti. Jika kebiasaan menulis ia terhenti, akan berat untuk melanjutkannya.
Setelah cerpen tersebut dimuat, kemudian sejumlah karyanya dimuat secara berturut-turut di berbagai koran dan majalah tersebut Sumbar. Termasuk diantaranya masuk antologi cerpen tingkat Sumbar mau pun Nasional.
Naskah yang dimuat di kumpulan cerpen ini, terdiri dari 10 (sepuluh) naskah. Semuanya dihasilkan dalam rentang waktu yang panjang, ketika kelas VI SD hingga awal kelas X SMA. Darah menulisnya mengalir deras saat di SD tersebut.

Saat ini, Zhilan Zhalila yang punya nama lengkap Zhilan Zhalila Permata Firli, aktif di Ekskul Jurnalistik SMA Negeri 3 Padang dan juga tercatat sebagai salah seorang anggota Bengkel Literasi Rakyat Sumbar. Bengkel Literasi Rakyat Sumbar merupakan program pembinaan dan pelatihan menulis untuk pelajar dan mahasiswa dari Harian Umum Rakyat Sumbar. (rilis: ltr/kutip-rasum)