Pesan Petinggi Polisi di Sumbar, Pemudik Jalan Darat Hati-hati, Capek Istirahat

oleh -642 views
Kapolda Sumbar Irjen Fakhrizal minta pemudik manfaatkan pos-pos pengamanan dan pelayanan terpadu Lebaran untuk beristirahat. (foto: google/jurnalsumbar.com)

Padang,—Saat tiket pesawat udara selangit tentu tak kurangi keinginan perantau minang mudik ke kampung halaman pada Lebaran Idul Fitri.

Bagi mereka mudik ke kampung halaman saat lebaran adalah harga diri dan tradisi, pilihan menempuh jalan darat menjadi alternatif menghindari tiket kapal terbang yang mencekik saku.

Petinggi polisi di Sunbar, Kapolda Irjen Fakhrizal menghimbau para.pemudik untuk berhati-hati.

“Pentingkan keselamatan, capek dan lelah saat berkendara, ayo segera dunsanak saya yang mudik memenuhi tradisi Lebaran untuk beristirahat, jangan dipaksa,”ujar Fakhrizal dikutip dari www.langgam.id, Selasa 29/5 di Padang.

Untuk memberikan kenyaman dan keamanan perantau minang mudik ke kampung halaman, Fakhrizal memastikan pihak kepolisian sudah bersiap sedia untuk itu.

“Kami sudah siapkan pos di setiap persimpangan jalan untuk dapat digunakan pemudik beristirahat, silahkan dunsanak memanfaatkannya,” ujar Irjen Pol Fakhrizal.

Jenderal bintang dua ini mengatakan,  ada 105 pos tersebar di seluruh wilayah Sumbar. Pos itu terdiri dari pos pengamanan, pelayanan, dan terpadu yang dapat digunakan pemudik untuk beristirahat.

“Pastinya pos-pos itu kami siapkan untuk pemudik,”ujarnya.

Selain itu, putera asli Agam Sumbar ini  juga ingatkan kepada warga masyarakat yang meninggalkan rumah karena mudik, sebaiknya dititipkan kepada tetangga. Sebab, aksi kriminalitas pencurian dapat saja terjadi saat musim mudik. Apalagi rumah dalam keadaan kosong.

Pada bagian lain Irjen Pol Fakhrizal berharap  di hari kemenangan (Idul Fitri-red) nanti, masyarakat betul-betul bersyukur kepada Allah SWT. Dia juga mendoakan ibadah puasa masyarakat diterima Sang Khalik.

“Mari kita merasa bersyukur karena dapat menjalankan ibadah puasa penuh 30 hari dengan baik. Semoga ibadah kita diterima Allah SWT. Saat idul Fitri inilah kita dapat bertemu dan berkumpul bersama keluarga. Sekali lagi
pesan saya agar yang mudik hati-hati di jalan,”ujar.

Sementara Kapolres Padang  Kombes Pol Yulmar Tri Himawan pun mengajak perantau untuk kunjungi Padang saat libur Lebaran 1440. H besok.

“Ayo ke Padang saya rekomendasikan Pantai Air Manis, sangat mempesona, tapi mohon jaga kebersihan kota dan jangan melakukan tindakan pidana di kota ini,”ujar Yulmar Tri. (own/kutip)