Piaman Rami Ughang Barirayo

oleh -97 views
Macet merayap jalaan ke Pariaman pada Lebaran hari kedua, Kamis 6/6 (foto: nov)

Pariaman,—Batabuik makonyo rami (saat tabut ramai) kini Piaman rami dek ughang barirayo (kini, Pariaman Ramai sama orang berlebaran).

Ramai pengunjung ke Kota Pariaman terlihat Lebaran hari ke-2, Kamis 6/6. Akibat ramainya pengunjung itu beberapa titik ruas jalan menuju Pariaman macet, sehingga kendaraan dari dan menuju Pariaman harus merayap.

Daerah-daerah yang macat dan merayap tersebut diantaranya, Ketaping (depan Politeknik Pelayaran) sampai ke Makam Syeh Burhanuddin, Ulakan. Selain itu, jalan menuju Pariaman-Agam, tepatnya bundaran Tabut juga macet.

Banyaknya kenderaan roda 4 dan roda 2 melewati jalan lintas Ketaping dikarenakan jalan yang sangat bagus dan jarak tempuh dekat.

Fajri seorang warga yang barirayo ke Pariaman mengatakan, kendaraan yang melewati jalan ini jauh lebih banyak dibanding tahun kemarin.

Kalau dilihat dari plat kendaraan banyak berasal dari berbagai daerah di Sumatera Barat maupun dari luar Sumbar.

“Kalau saya lihat saat ini, volume kenderaan melewati jalan ini jauh lebih banyak dari tahun kemarin, baik motor maupun mobil,”ujar Fajri.

Ditambahkannya, banyaknya kenderaan kemungkinan karena jalan yang sudah bagus dan perantau banyak yang pulang kampung.

Senada dengan Fajri, Ujang, petugas dari Dinas Perhubungan yang sedang bertugas di Posko Lebaran, mengatakan kalau dilihat dari volume kenderaan, peningkatannya mencapi 3-4 kali dari tahun lalu.

“Kami melihat saat ini sangat luar biasa kendaraan yang melintasi jalan ini, kemungkinan empat kali jauh lebih ramai dari tahun kemarin,”terang Ujang.(nov)