PKK se-Sumbar Sumbang Ambulans Untuk Palestina Senilai Rp 633 Juta

oleh -109 views
Ketua TP.PKK Sumbar Ny.Harneli Mahyeldi, didampingi Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi, bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatra Barat, di Auditorium Gubernuran, Jl. Sudirman, Padang, Senin (6/9/2021).(doc/ril)

Padang–Empati masyarakat dan Pemerintah Sumatera Barat (Sumbar) untuk Palestina seakan tiada habisnya. Kali ini datang dari Tim Pengerak PKK (TP.PKK) se-Sumbar dengan menyumbangkan 1 unit mobil ambulans senilai Rp633 juta. Bantuan ambulans ini diserahkan langsung secara simbolis oleh Ketua TP.PKK Sumbar Ny.Harneli Mahyeldi, didampingi Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi, melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatra Barat, di Auditorium Gubernuran, Jl. Sudirman, Padang, Senin (6/9/2021).

Harneli yang akrab disapa Ummi, ini dalam sambutannya menyampaikan kehadiran mobil ambulans tersebut merupakan hasil sumbangan dari seluruh kader PPK di Sumbar serta ditambah sumbangan dari organisasi lain, diantaranya BKOW, IGTKI, Basiba, dan Iasma 1 Landbow.

“Sambutan dan respon PKK serta organisasi lainnya sangat luar biasa. Ini wujud kepedulian pada nasib saudara kita di Palestina. Sudah sepatutnya kita membantu Palestina sebagai negara yang pertama mengakui kemerdekaan Indonesia. Kita tidak mungkin berjuang sendiri,” ujar Ummi Harneli.

Sebagai motivasi bagi yang lain, Ummi merinci asal donasi sebanyak Rp 633 juta tersebut yang diantaranya berasal dari TP.PKK Kabupaten Pesisir Selatan Rp140,3 juta, Kabupaten Agam, Rp75,4 juta, Pasaman Barat Rp51,6 juta, Kabupaten Solok Rp51,1 juta , dan Kota Padang Rp46,8 juta.

Kemudian dari TP.PKK Solok Selatan Rp.27 juta, Kabupaten Pasaman Rp.25,9 Juta, Bukittinggi Rp13,6 juta, dan Kabupaten Tanah Datar Rp10,2 juta.

Diitambah sumbangan dari TP.PKK Sumbar, sehingga total menjadi Rp476,4 juta. Bantuan lainnya datang dari BKOW sebesar Rp47 juta, IGTKI Rp92,7 juta, Basiba Rp2 juta, Iasma 1 Landbaow Rp10 juta, serta e-warga Rp2,2 juta.

“Ini sebagian saja disebutkan untuk memotivasi saja. Terimakasih atas kepedulian bersama, mudah-mudahan kedepan bantuan kita bisa lebih banyak lagi. Bantuan ini sejatinya bukan untuk saudara kita di Palestina saja, tapi juga untuk kita bersama,” terang Ummi.

Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi menyambut baik atas donasi ambulans yang diinisasi oleh TP.PKK Sumbar tersebut. Ia berharap kedermawanan masyarakat Sumbar terus meningkat pada masa mendatang, terutama pada saat Covid-19 saat ini.

Vice President National Philantropi Network ACT, Mukhti mengapresiasi kedermawanan warga Sumatera Barat khususnya para donatur yang sudah mempercayakan ambulans untuk Palestina melalui ACT.

“Melalui donasi ini Sumbar kembali membuktikan bahwa masyarakatnya adalah masyarakat yang peduli, berbagi. Kehadiran ambulans ini akan menjadi pelengkap ambulans yang sudah ada sebelumnya. Semoga dengan bertambahnya ambulans, makin banyak saudara-saudara di Palestina yang dapat dibantu, utamanya mereka yang membutuhkan bantuan medis,” kata Mukhti.

Dalam kesempatan yang sama, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman juga menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina sebesar Rp136 juta. Bantuan diserahkan langsung oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dan diterimaVice President National Philantropi Network ACT, Mukhti.(doa/MMC/ms)