Politik dan Pengusaha Dua Jalur yang Berbeda

oleh

Oleh:                                                                  Nofi Candra (Senator DPD RI)

USAHA dan politik adalah dua jalan penting dalam hidup saya, keduanya berjalan sama, tapi keduanya harus dipisahkan.
.
Usaha adalah bidang yang saya geluti sebelum masuk ke dunia politik. Pilihan saya masuk ke dunia usaha sejak awal demi masa depan anak, cucu, karyawan-karyawan dan masyarakat yang selama ini terlibat dalam usaha-usaha saya.

Dan upaya saya agar bisa berbuat untuk lebih banyak orang, tanpa harus khawatir anak dan cucu saya nanti akan kekurangan.

Sedangkan, politik adalah jalur pengabdian terhadap masyarakat. Ketika saya masuk masuk ke dalamnya: waktu, materi dan perjuangan saya dihibahkan secara total untuk masyarakat. Pada wilayah ini kita masuk pada ranah kebijakan yang efeknya langsung kepada masyarakat.

Saya orang yang berprinsip dari segi semangat usaha dan politik itu beiringan, tetapi dari segi fokus keduanya punya porsi yang berbeda. Makanya, saya selalu memisahkan usaha dan politik secara pelaksanaannya.

Dengan saya perkuat basis usaha ketika jeda berpolitik, saya tidak hawatir kalau kesejahteraan banyak orang dari usaha saya tidak berhenti, ketika saya fokus ke dunia politik untuk membantu masyarakat lain dari segi kebijakan dan lainnya.

Politik itu langkah positif yang tetap melanjutkan nilai-nilai yang kita percayai tentang makna berbuat lebih untuk lebih banyak orang. Semua itu tidak boleh berubah, apalagi berhenti.(analisa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *