Polwan Cantik Punya Nama Unik Viral di HUT Bhayangkara

oleh -293 views
Polean cantik punya nama unik tapi memiliki talenta luar biasa, Inilah Briptu Hongcin, tanggal. lahir sama dengan Hari Bhayangkara. (dok/eek)

Dharmasraya — Meski Hari Bhayangakra 1 Juli sudah diperingati, tapi ada cerita menarik yang terissa dari peringatan 76 tahun usia Polri.

Hmmm ada Polwan cantik dan unik di Polres Dharmasraya, uniknya karena Polwan berpangkat Bigadir Satu (Briptu) itu punya nama lain dari kebiasaan nama orang kebanyakan di Dharmasraya, kabupaten di bagian timur Sumatra Barat, yaitu Briptu Hongcin.

Briptu Hongcin  anak bungsu dari empat bersaudara pasangan Bachtiar dan Halwani berdiam di Nagari Sikabau Kecamatan Pulau Punjung.

Kepada media Bachtiar mengatakan memang Honcin afalah nama anaknya yang paling kecil berdinas di Polres Dharmasraya.

“Hongcin nama yang saya berikan terinspirasi spontan saat si bungsu itu lahir, Saya lagi menonton televisi ada berita tentang kembalinya Hongkong ke China. sedang asik lihat nerita televisi itu, saat dipanggil istri yang kesakitan karena mau melahirkan, ketika anak lahir malam itu, ya sudah saya kasih aja nama Hongcin (hongkong dan cina) dan tanggal lahir anak saya itu pas di Hari Bhayangkara pula yaitu 1 Juli 1997,”ujar Bhactiar menceritakan sejarah Polwan manis Dharmasraya bernama Hongcin itu.

Briptu Hongcin mengatakan bangga dengan nama pemberian orang tuanya, meski unik dna banyak makna orang lain mengartikannya.

“Bangga, karena nama Hongcin pemberian orang tua. Hongcin juga punya arti sejarah dunia yaitu kembalinya Hongkong ke Cina. Saya Sendiri adalah putri asli Nagari Sikabau Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya,” ujar Bruptu Hongcin bertugas di Bamin Subbag Faskon Bag Log Polres Dharmasrayam

Honcin sejak remaja sudah memendam cita-cita yaitu menjadi Polwan akhirnya cita cita tercapai menjadi anggota Polwan bertugas pada Polda Sumbar, Ditsabhara Polda Sumbar (2016-2018).

Setelah itu Briptu Honcin menjalani berbagai penugasan yakni Satsabhara Polres Dharmasraya (2018), Satlantas Polres Dharmasraya (2018), Bagren Polres Dharmasraya (2020), Subbag Sarpras Bagsumda Polres Dharmasraya (2021).

“Bamin Subbag Faskon Baglog Polres Dharmasraya (2021-sekarang),” ujar Briptu Hongcin.

Kapolres Dharmasraya, AKBP Nurhadiansyah kepada awak media di rungannya mengatakan benar sekali, seorang anggota Polwan Polres Dharmasraya bernama Briptu Hongcin bertugas Bamin Subbag Faskon Baglog Polres Dharmasraya.

“Saya selaku Kapolres Dharmasraya cukup bangga sekali terhadap yang bersangkutan, Briptu Hongcin itu dalam melaksanakan tugas cukup rajin dan bertanggung jawab walupun bagian logistig di Polres Dharmasraya ini dan sering di tugaskan ke Polda Sumbar, ” ujar AKBP Nurhadiansyah.

Walaupun seorang Polwan kata Kapolres, Briptu Honcin tetap semangat melaksanakan tugasnya tidak mengeluh.

“Apa pun tugas dilakukannya selaku dilaksanakan dengan tanggungjawab dan sukses. Secara pribadi saya bangga sekali kerana memiliki talenta yang cukup bagus seperti pembawa acara (MC) baik secara interen di lingkungan Polres Dharmasraya dan juga di luar Kegiatan Polres Dharmasraya,”ujar, AKBP Nurhadiansyah (eek)