Positif Covid-19 Kluster Diniyah Putri 130 Orang, Jasman Sarankan ‘Lock Down’

oleh -345 views
Jubir Satgas Covid-19 Sumbar Jasman (kanan) berdama Kepala Pusat Diagnostik Riset Penyakit Infeksi Unand, Andani Eka Putra. Jasman sarankan lockdown di Diniyah Putri, Kamis 26/11 (foto: dok)

Padang,—Hari ini Diniyah Putri Padang Panjang geger lagi, hasil tes swab hari ini 81 orang dinyatakan terkonfirmasi positif covid-19.

“Dua hari (Rabu dan Kamis) sudah 139 orang positif di sana (Diniyah Putri,res),”ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Sumbar, Jasman Kamis 26/11 kepada media di Padang.

Guna menyetop meruyaknya covid-19 di Diniyah Putri perlu tindakan cepat dan tegas serta tindakan luar biasa.

“Penularan covid-19 di sana (dinayah Putri – red) sangat cepat. Hanya dalam dua hari yaitu Rabu dan Kamis sudah 130 orang terkonformasi positif infeksi covid-19,” ujar Jasman.

Untuk itu, Jasman menyarankan, untuk memutus mata rantai persemaian virus korona di Diniyah Putri Padang Panjang harus segera lockdown.

“Saran saya, sebaiknya lockdown saja. Tak boleh ada yang keluar masuk asrama selama paling kurang 14 hari ke depan sambil melakukan tracking dan tracing menyeluruh,” ujar Jasman.

Jasman melanjutkan dia sudah komunikasi dengan Sekdako Padang Panjang.

“Barusan saya telah telpon Sekda Padang Panjang dan kami telah berdiskusi, kiranya Pemko Padang Panjang segera melakukan berbagai upaya yang dianggap perlu dan penting untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di sana,”ujar Jasman.

Dari informasi pihak terkait di Padang Panjang, meledaknya covid-19 di Diniyah Putri jadi cluster covid-19 terbaru di Kota Serambi Makkah itu karena manajemen Diniyah Putri melakukan pengambilan sample sepesimen PCR kepada santri-santrinya beberapa hari ini secara masif (koko)