PPID UNP Ikuti Pencanangan Hari Keterbukaan Informasi Nasional

oleh -91 views
oleh
91 views

Kabupaten Kampar— Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Universitas Negeri Padang (UNP) mengikuti sosialisasi e-monev keterbukaan informasi publik, Selasa (17/5).

Kegiatan ini juga merupakan momentum memperingati Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN) dengan tema “Meneguhkan Peran Komisi Informasi Dalam Mengawal Pemilu 2024 yang Terbuka, Inklusif, dan Informatif” serta pencanangan HAKIN sebagai Hari Nasional. hadir dalam kegiatan ini PPID UNP, Dr. Erianjoni, S.Sos., M.Si, Okki Trinanda, S.E., M.M, Novri Elvida, M.Pd., dan Siti Sarah , M.Hum.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD dalam sambutannya menyampaikan bahwa urgensi keterbukaan informasi publik secara global dalam wujud menegakan demokrasi melalui informasi publik. Seluruh negara sudah memasuki era demokrasi sehingga setiap apa yang ditutup oleh lembaga publik bisa dibongkar dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Masalah komisi informasi ketika melakukan demokrasi termasuk kewajian keterbukaan informasi dimasukan di UUD. Menkopolhukam menyampaikan apresiasi kepada semua  pihak yang terlah berkontribusi dalam mempromosikan keterbukaan keterbukaan informasi publik. Keterbukaan informasi harus menjadi baian integran budaya dan praktek ditata kepemrintahan Indonesia.

“Mari kita gunakan momentum mendorong perubahan di dalam ketata pemerintah mari kita berkomitmen untuk menegakan kerangka hukum yang mendukung keterbukaan Informasi,” ujar Menkopolukam.(