Pramuka Harus Eksis di Dunia Maya

oleh -714 views
Wagub Sumbar hadiri apel akbar pramuka di lapangan Kandih Sawahlunto, Senin 11/9. (foto: humas-sumbar)
Wagub Sumbar hadiri apel akbar pramuka di lapangan Kandih Sawahlunto, Senin 11/9. (foto: humas-sumbar)

Sawahlunto,—Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit yang juga Ketua Kwarda 03 Sumbar hadiriApel Besar HUT Pramuka ke-56  di Bumi Perkemahan Kandih, Kota Sawahlunto, Senin (11/9).

Menurut Nasrul Abit setiap anggota pramuka lebih aktif, produktif dan kreatif meyuarakan atau mengabarkan keadaan sekitarnya dengan tujuan menangkal berita palsu atau hoax.

“Kalau hal tersebut dapat dilakukan oleh seluruh anggota pramuka, maka itu sudah sesuai dengan tagline pramuka saat ini, yaitu setiap anggota pramuka adalah kantor berita, apalagi setahun yang lalu Presiden RI yang juga Ketua Mabinas Gerakan Pramuka megingatkan seluruh anggota agar dapat memanfaatkan media sosial dengan baik,”ujar Nasrul.

Bahkan kata mantan Bupati Pesisir Selatan dua periode ini di era digital sekarang, kehadiran pramuka tidak hanya di dunia nyata saja, namun juga ada di dunia maya.

“Artinya, Pramuka harus eksis di dunia maha dengan misi perangi informasi hoax yang banyak mudarat ketimbang manfaatnga, dan insan pramuka jangan sekdar konsumen informasi tapi harus menjadi produsen informasi,”ujarnya.

Wagub juga berharap pramuka terus mendapat dukungan dari seluruh unsur yang ada.

“Kepada pemerintah kami mengharapkan agar gerakan pramuka selalu diberi ruang dan dukungan untuk dapat terus merealisasikan visi-misinya, khususnya terhadap pembentukan karakter muda Indonesia,”ujarnya.

Nasrul Abit menjelaskan membangunan karakter bangsa menjadi fokus bangsa saat ini dan kedepannya.

“Karena itu, pramuka harus menjadi jawaban dari pembangunan karakter bangsa ini, dan kami yakin tahun-tahun kedepan, dari Pramuka-lah lahir pemimpin-pemimpin bangsa yang bekerja berdasarkan nilai-nilai kebangsaan Indonesia,”ujarnya.(rilis humas-sumbar)