Proker Sosmas Mahasiswa KKN untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak

oleh -268 views
oleh
268 views

UNIVERSITAS Andalas (UNAND) saat ini sedang mengadakan kegiatan pembelajaran di luar kampus dikenal dengan Kuliah Kerja Nyata PPM (KKN).

KKN dikelola oleh UPT Pembelajaran Di Luar Kampus, mahasiswa UNAND dibagi menjadi perkelompok dengan jurusan mahasiswa yang variatif. Kegiatan KKN ini diadakan dengan beberapa program kerja, diantaranya Program Kerja Sosial Masyarakat (ProKer SosMas).

Kegiatan SosMas dibagi pula menjadi kelompok kecil, tiga orang per kelompok. SosMas secara teknis mengabdi kepada masyarakat yang menjadi keluarga asuh dan memiliki output membantu usaha keluarga asuh atau memberikan edukasi kepada anak keluarga asuh.

Di tulisan ini kegiatan Proker SosMas dilaksanakan oleh mahasiswa KKN UNAND di Tanjung Gadang, Sijunjung. Proker Sosmas ini mengabdi untuk membantu mengajar anak ke keluarga asuh. Ketika kegiatan ini berlangsung, anak-anak keluarga asuh memiliki minat belajar yang fluktuatif. Terkadang minat mereka tinggi terkadang rendah.

Menurut Lanusi , penyebab masalah rendahnya minat belajar siswa ada 2 faktor, yakni cara menyajikan materi pelajaran yang disampaikan kurang menarik dan kurangnya kreativitas dan inovasi pengajar dalam mengakomodir siswa.

Untuk mengatasi permasalahan di atas maka pengajar harus berinovasi dan berkreasi menciptakan situasi pembelajaran yang bermakna.

Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran dilakukan Mahasiswa KKN UNAND di Tanjung Gadang itu, dengan pembelajaran yang interaktif, dan memberikan hadiah sebagai apresiasi, dan untuk meningkatkan motivasi belajar.

Sehingga diharapkan kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat menjadi motivasi bagi anak-anak keluarga asuh, dan dapat meningkatkan minat belajar kedepannya.

(report by: Ibnu Taufiqul Rahman, Mahasiswa KKN PPM UNAND)