Promokan Patennya Minang, Sumbar Talenta Dilepas ke Eropah

oleh -114 views
Koarkan budaya Minangkabau Amazing, Sumbar Talenta promo ke Eropah.(mfdl)

Padang – Untuk semakin mengenalkan kebudayaan Minangkabau pada mancanegara, Sumbar Talenta diundang tampil oleh Tong Tong Fair 2022 Belanda.

Pada festival terbesar dunia untuk budaya Indo (Indonesia – Eropa) yang digelar setiap tahun tersebut, Sumbar Talenta akan tampil Senin, 5 September 2022 di Malieveld, Den Haag.

Ketua Himpunan Wanita Karya Sumatera Barat (HWK Sumbar) Zusneli Zubir melepas keberangkatan delegasi Sumbar Talenta ke Tong Tong Fair 2022 pada Rabu (31/8/2022) di Bandara International Minangkabau. Pada acara pelepasan tersebut Zusneli Zubir didampingi Wakil Ketua HWK Sumbar Rita Chaidir dan Linda Asrul.

Zusneli Zubir mengatakan, keberangkatan Sumbar Talenta ke Eropa membawa misi kebudayaan Minangkabau pada kancah internasional. Sumbar Talenta berangkat untuk memenuhi 3 undangan, dari organisasi Minang Sakato Belanda, Rang Minang Jerman, dan Tong Tong Fair 2022 Belanda.

Sumbar Talenta merupakan organisasi di bawah naungan HWK Sumbar. Organisasi sosial tersebut mengutus 13 anak Sumbar Talenta sebagai delegasi dalam memenuhi undangan-undangan tersebut. Sebagai trip pertama, HWK Sumbar memberangkatkan Andha Zulfirman, Agung Perdana, Ketty Azana, Dinda Afza, Raffi Alqudri, dan Fedri Ramadhani.

“Anak-anak Sumbar Talenta akan menampilkan kebudayaan Minangkabau pada event tersebut. Mereka juga akan tampil mempertunjukkan kesenian tradisi Minangkabau, baik tari, lagu, dan alat musik. Selain itu juga kuliner dan pakaian tradisi Minangkabau,” kata Zusneli Zubir, Kamis 1/9-2022 di BIM Padang Pariaman.

Seperti dijelaskan Zzsneli, Pimpinan Delegasi Sumbar Talenta Sastri Bakry, selain di Tong Tong Fair 2022, Sumbar Talenta juga akan tampil di Event Minang Maimbau 2022 “Mambangkik Batang Tarandam”.

Event tersebut digelar pada dua negara, yaitu Belanda (Rijswijk Holland Selatan, 3 September 2022) atas undangan dari Minang Sakato Belanda, dan Jerman (Koln Nordrhein-Westfalen, 10 September 2022) atas undangan dari Rang Minang Jerman.

“Insyaaallah, Menteri Erick Thohir dan Anggota DPR RI Andre Rosiade juga akan hadir menyaksikan penampilan kami,” kata Sastri Bakry.

Zusneli Zubir atasnama HWK Sumbar dan Pembina Sumbar Talenta saat melepas delegasi Sumbar Talenta tersebut mengatakan rasa bangganya pada semangat anak-anak Sumbar Talenta. Meskipun berbagai ujian dihadapi, dapat mereka lalui. Berbekal jiwa integritas mereka yang terasah.

“Semoga Sumbar Talenta bisa memberikan penampilan terbaik dengan tetap menjaga kesehatan,” kata Zusneli Zubir.(mfdl)