Puncak Parpol Daftarkan Caleg di Hari Terakhir

oleh
Hari kesebelas pendaftaran Caleg Parpol masih nihil, foto saat pengibaran bendera Parpol peserta Pemilu 2019 Kamis 12/4 lalu (foto: dok)

Padang,—Hingga hari kesebelas tahapan pendaftaran Caleg Parpol untuk Pemilu 2019, di KPU Sumbar, ternyata belum satu pun Parpol yang mendaftar, Ada apa?.

Padahal pengumuman tahapan pendaftaran dari 4 Juli sampai 17 Juli sudah dilakukan diberbagai media informasi, bahkan Ketua KPU Sumbar Amnasmen menghimbau Parpol mendaftat diawal waktu.

“Kita minta Parpol mendaftarkan Calegnya di awal-awal masa pendaftaran, supaya bisa cepat diketahui kekurangan persyaratannya dan Parpol punya banyak waktu untuk memperbaikinya,”ujar Amnasmen, Sabtu 14/7 di KPU Sumbar.

Tapi dari komunikasi media ini dengan petinggi Parpol peserta Pemilu, diketahui kalau puncak Parpol mendaftarkan Calegnya di hari terakhir yakni 16-17 Juli.

“Awalnya kita mau mendaftar 14 Juli, sesuai namor urut Demokrat, tapi ada instruksi DPP kalau mendaftar di hari terakhir, akhirnya kita undur,”ujar Pengurus DPD Partai Demokrat Sumbar, Arkadius Dt Intan Bano, Jumat siang kemarin.

Sementra PDI Perjuangan kabarnya juga mendaftar pada momen akhir masa pendaftaran, hal serupa juga dipastikan Ketua DPW PKB Sumbar H Febby Dt Bangso.

“Insya Allah PKB mendaftar pada tanggal 16 Juli,”ujar Febby.

Masih nihil Parpol mendaftar ke KPU Sumbar mungkin disebabkan dinamika Parpol dalam menyusun Calegnya.

Atau bisa juga karena syarat administrasi sampai saat sekarang masih banyak bakal Caleg anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat provinsi mengurus SKCK, Pengadilan dan Kesehatan. Otomatis berkas bakal calon legislatif belum ada yang fiks. Belum lagi soal pemenuhan kuota Caleg perempuan, infonya banyak Parpol kesulitan untuk memenuhi Caleg perempuannya.

“KPU konsisten dengam waktu tahapan gejala seperti ini sudah menjadi soal klasik dari Pemilu ke Pemilu, dan yang pasti KPU Sumbar tetap menanti dan siap melayani peserta Pemilu dengan hati,”ujar Amnasmen.(rom/own)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *