PWI Solok Selatan Gelar Pelatihan Tingkat SLTA dan OPD Se-Solok Selatan

oleh -1,353 views
oleh
1,353 views
pelatihan Karya Latihan Wartawan (KLW) yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Solok Selatan. (/ist)

Solok Selatan, – Bersinergi Membangun Generasi Jurnalis untuk menuju Kabupaten Solok Selatan “Mandiri” hal inilah yang di sampaikan oleh ketua Panpel Abdul Qodir disaat pelatihan Karya Latihan Wartawan (KLW) yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Solok Selatan di Aula Sarantau Sasurambi kantor Bupati Solok Selatan, Kamis (26/10-2023).

Bukan hanya Insan Pers saja, PWI Solok Selatan juga mengikutsertakan 2 orang pelajar tinggkat SLTA se-Solok Selatan dan dari unsur OPD dijajaran Pemkab Solok Selatan.

Pembukaan pelatihan dihadiri dan dibuka lansung oleh Bupati H Khairunas turut disaksikan Wakil Bupati H. Yulfian Efi, unsur Muspida, dan kepala OPD setempat, ketua PWI Solok Selatan Hendrivon dan anggota.

“Kegiatan pelatihan ini juga di hadiri PWI Sumbar yang dihadiri langsung oleh ketua PWI Sumbar DR.H.Basril Basyar dan Tiga orang narasumber yaitu Sekretaris Firdaus Abi, wakil Sawir Pribadi dan Drs.H.M. Khudri M Pd.

Bupati H. Khairunnas mengatakan bahwa saat ini adalah era keterbukaan informasi publik. ” Untuk terwujudnya keterbukaan informasi publik itu maka Pemda Solok mendorong aktifitas keterbukaan informasi publik itu” katanya.

Selanjutnya bupati menyebut pentingnya kualitas informasi publik. “Untuk itu kita mendorong segala upaya untuk meningkatkan kualitas semua orang yang bertugas menyebarkan informasi publik” katanya.

Selanjutnya pendidikan untuk masyarakat juga penting untuk menyikapi semua informasi yang disebar di berbagai plaform termasuk di media sosial. “Kita berharap masyarakat cerdas untuk menyaring mengenali informasi yang beredar mana yang hoax, mana yang bisa dipertangungjawabkan” ujarnya.

Dalam konteks ini, bupati memberikan apresiasi kepada PWI Solok Selatan yang telah berkontribusi dalam membangun Solsel dibidang informasi dan komunikasi publik.” Kami berterima kasih kepada PWI Solsel atas kontribusi nya selama ini dan kami mohon maaf jika apa yang dibutuhkan PWI Solsel belum sesuai harapan, Insya Allah kedepan nya Pemda akan meningkatkan bantuan sesuai dengan kemampuan dan keuangan daerah”. Papar Bupati Khairunas.

Ketua PWI Solok Selatan dalam sekapur sirihnya mengatakan kegiatan ini sudah direncanakan sejak jauh hari. ” Kegiatan ini didukung penuh oleh Pemerintahan Daerah dan seluruh OPD Solsel” kata Hendrivon..

Hendrivon memambahkan bahwa tujuan kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas wartawan anggota PWI Solsel sekaligus mendorong generasi muda untuk memiliki pengetahuan kewartawan sehingga bisa pula memilih profesi menjadi wartawan” terangnya.

Hendrivon juga berbicara tentang bantuan dan partisipasi Pemda Kabupaten Solok untuk PWI Kabupaten Solok. “Kami mengucapkan terima kasih banyak atas bantuan dan kerjasama itu” kata Hendrivon .

Ketua PWI Sumbar Dr. Ir. H. Basril Basyar MM dalam sambutannya mengatakan bahwa PWI Sumbar mengapresiasi dan mendorong kegiatan pelatihan ini. “Kegiatan ini untuk memberikan pencerahan kepada peserta untuk memiliki pemahaman tentang dunia jurnalistik sehingga bisa membeda mana berita karya jurnalistik mana yang tidak di era Teknologi Informasi saat ini” kata Basril.

Nara Sumber M.Khudri dalam paparanya menyampaikan Dasar Dasar Jurnalistik, Firdaus Abi tentang penulisan feature, Sawir Pribadi tentang Tata Kelola Organisasi PWI dan ketua Basril Basyar menjelaskan Kode Etik Jurnalistik. (kampai)