Rajo Medan : Ayo Jadi Pahlawan Masa Kini

oleh -37 views
Wabup Dharmasraya dan Forkompida teriakan Aku Pahlawan Masa Kini, peringatan Hari Pahlawan 10 November. (foto: hms-dms)

Dharmasraya,—Wakil Bupati Dharmasraya, H. Amrizal Dt Rajo Medan, menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Pahlawan yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Dharmasraya, Sabtu 10/11.

Upacara diikuti oleh ASN, non ASN dan para pelajar itu turut dihadiri oleh Forkopimda, Sekda, Adlisman, Kepala Perangkat Daerah dan Organisasi Wanita se Dharmasraya.

Wabup saat membacakan amanat tertulis Menteri Sosial RI, Juliari P. Batibara menyampaikan, peringatan Hari Pahlawan hendaknya dapat membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi Pahlawan Masa Kini, sebagaimana tema peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 “Aku Pahlawan Masa Kini”.

Menjadi pahlawan masa kini menurut wabup dapat dilakukan oleh siapapun warga negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI. Seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

“Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa. Sekarang, untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa, dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa di mata internasional. Peringatan hari pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat,” ujar Wabup.

Hari Pahlawan, tukuk wabup, kiranya bukan hanya bersifat seremonial semata. Tetapi hendaknya dapat diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan.

Adapun, pada peringatan Hari Pahlawan ini, peserta upacara juga dibuat terkesima oleh penampilan sepuluh pemuda dan pemudi Dharmasraya. Dengan menggunakan pakaian adat nusantara, mereka tampil dengan suara tegas dan lantang menyampaikan 10 pesan pahlawan nasional, yang membuat merinding.(rilis: hms-dms)