Rakerwil PKS Sumbar Di Tengah Duka Bencana Gempa

oleh -51 views
PKS di Rakerwil panjatkan doa untuk warga korban gempa di Pasbar dan Pasaman, Minggu 27/2-2022. (dok/hms-pks)

Padang,— Untaian do’a terasa sekali, saat pembukaan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) PKS Sumatera Barat (Sumbar)

Sumbar dirundung bencana, tepatnya Pasaman Barat dan Pasaman diterjang gempa 6,1 Skala Richter Jumat pagi, suasana dampak gempa di tanah bencana menurut Kepala Sekreatria PKS Sumbar Ust Mulyadi Muslim masih mengharu biru.

“Rakerwil PKS hari ini kita dedikasikan untuk masyarakat korban gempa bumi, semoga musibah ini makin menguatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dan saudara-saudara kami di Pasaman Barat dan Pasaman diberi kekuatan menghadai cobaan musibah gempa bumi ini,” ujar Ust Mulyadi Muslim yang juga Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) PKS Sumbar, Minggu 27/2-2022 di Hotel Bercure Padang.

Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Propinsi Sumatera Barat melaksanakan agenda Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) di Padang. Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Mercure Padang, Sabtu-Ahad, 26-27 Februari 2022.

Agenda ini berlangsung di tengah suasana duka atas bencana yang terjadi Jum’at, tercatat hingga Minggu siang 10 orang dilaporkan meninggal dunia, dan 4 orang belum ditemukan, ratusan dirawat, dan 5000 lebih mengungsi di tenda pengungsian.

Hal ini menjadi perhatian serius dalam agenda raker DPW PKS Sumbar. Ketua Umum DPW PKS Sumatera Barat, H. Mahyeldi, atas nama PKS Sumatera Barat menyampaikan duka mendalam atas bencana yang terjadi.

“Duka yang mendalam atas apa yang menimpa saudara kita di Pasaman dan Pasaman Barat. Ini adalah duka kita bersama. Kita menghimbau seluruh kader PKS Sumatera Barat untuk menyalurkan donasi terbaiknya. Dan kader kita saya himbau untuk turun ke lokasi, melakukan goro, pembersihan puing-puing reruntuhan atau timbunan lumpur,dan juga melakukan trauma healing. Intinya memberikan pelayanan terbaik untuk saudara-saudara kita yang tengah diuji oleh Allah. Ingat PKS tak biarkan saudara kami di Pasaman dam Pasaman Barat berjuang sendiri. Semoga duka Sumbar segera berlalu, ” ungkap Buya Mahyeldi.

Ust Mulyadi Muslim menegaskan beberapa jam setelah peristiwa gempa bumi mengguncang Pasaman Barat dan Pasaman DPW PKS Sumbar juga telah mengerahkan kader dan relawan terjun ke lokasi bencana.

“Hitungan jam di hari pertama gempa. PKS Sumbar kader dan relawan PKS sudah turun ke daerah bencana. Sabtu kemarin, kami kembali mengirim tim relawan bersama 2 armada bantuan berupa sembako yang terdiri dari 1 ton beras, mie instant, minyak goreng, dan kebutuhan lainnya,”ujar Ust Mulyadi.

Transformasi dan Kolaborasi

Rakerwil PKS di tengah duka ini, mengangkat tema  ‘Transformasi dan Kolaborasi’.

Mahyeldi yang juga Gubernur Sumbar  menyebutkan bahwa semangat ini sejalan dengan semangat pembanguan pemerintah Propinsi Sumatera Barat, dan juga pemerintah Republik Indonesia.

“Hari ini kita mengusung semangat transformasi, perubahan ke arah yang lebih baik. Kita perlu membangun keunggulan, perubahan ke arah lebih baik, dan kemajuan yang berkelanjutan. Semangat ini sejalan dengan semangat pemerintah provinsi Sumatera Barat, dan yang juga ditawarkan oleh pemerintah Republik Indonesia,” papar orang nomor satu di Sumatera Barat itu.

Buya Mahyeldi menegaskan, untuk mewujudkan itu semua perlu berkolaborasi, dengan semua pihak untuk mewujudkan cita-cita pembangunan Sumatera Barat yang lebih baik.

“Kita tidak mungkin bekerja sendiri, apalagi dalam situasi yang serba sulit saat ini. Banyak masalah yang harus kita selesaikan, ekonomi, kesehatan, dan lainnya. Jadi kita harus bekerja bersama. Berkolaborasi,” tegasya.

Buya Mahyeldi menilai Sumbar bisa kerkontribusi untuk tatanan nasional. Kolaborasi adalah solusi untuk mewujudkan semua itu.

“Untuk mewujudkan Sumbat Madani yang unggul dan berkelanjutan, tentu tidak mungkin bisa diwujudkan sendiri oleh PKS. Kita juga perlu dukungan dan kerjasama dengan partai-partai politik yang ada di Sumatera Barat. Terimakasih kepada tokoh masyarakat yang hadir dalam kesempatan ini,”ujar Buya Mahyeldi.

Mudah-mudahan semangat transformasi dan kolaborasi ini  kata Mahyeldi Ansyarullah mewarnai semua program-program yang akan PKS hadirkan untuk Sumatera Barat ke depannya.

Rapat Kerja Wilayah PKS Sumbar ini dibuka Sekretaris Badan Pembinaan Wilayah (BPW) PKS Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), Teguh Sahono.

Teguh juga mengulas semangat transfromasi dan kolaborasi yang akan menjadi warna kerja PKS kedepannya.

“Tidak mungkin PKS bisa bekerja sendiri. Tapi mesti bersama-sama sebagaimana telah dicontohkan oleh para pendiri bangsa kita. Mereka bekerjasama dengan tokoh lintas daerah, lintas budaya dan keyakinan,”ujar Teguh

Pembukaan Rakerwil PKS Sumatera Barat 2022 tak hanya dihadiri oleh pengurus PKS. Turut hadir sejumlah tokoh dari unsur pemerintahan, anggota legislatif, pimpinan partai politik, hingga ormas.

Di antara yang hadir antara lain anggota DPR RI, H. Hermanto dan Hj. Nevi Zuairina, Pimpinan DPRD Sumbar, Suwirpen Suib, Walikota Padang yang diwakili oleh Sekdako, Fitriati, Kapolda Sumbar, Kabinda Sumbar, dan Kesbangpol Sumatera Barat. Selain itu ada juga dari unsur partai politik, diantaranya, Syafrizal Koto, dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumbar, dan Zulkenedi dari Partai Golkar Sumbar.

Dari tokoh organisasi kemasyarakatan, hadir di kursi tamu kehormatan Ketua PW Muhammadiyah, Shofwan Karim, Pimpinan BKPRMI, Alfin Chairi, dan Bundo Kanduang, Rosnelly Boer.

Rangkaian kegiatan Rakerwil DPW PKS Sumbar 2022 ini juga diisi dengan talkshow mengangkat tema ‘Menatap Masa Depan, Menuju Sumbar Madani’, dengan menghadirkan tokoh Sumatera Barat, Dr. Gamawan Fauzi, Gubernur Sumbar periode 2005-2009 yang juga pernah menjadi Menteri Dalam Negeri.

Gamawan Apresiasi PKS

Gamawan Fauzi mengapresiasi berbagai gebrakan yang telah dilakukan oleh PKS, khususnya selama memimpin Sumatera Barat.

“Pak Gamawan juga memberikan berbagai masukan untuk kemajuan PKS ke depannya, serta gagasan-gagasan penting untuk pembangunan Sumatera Barat,” ujar Ust Mulyadi Muslim menginfokan, Minggu siang ini  (hms-pks)