Rakyat tak Ikhlas Melepas, Jika Fakhrizal tak Kembali jadi Cagub Sumbar

oleh -303 views

Payakumbuh,—-“Masa tugas pengabdian di tanah kelahiran sebagai Kapolda Sumbar telah berakhir, izinkan saya dan istri untuk pamit, melakukan serahterima dan bertugas di Mabes Polri,”ujar Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal dengan suara bergetar di Mapolres Payakumbuh Kamis 12/12 lalu.

Ungkapan perpisahan dari sang jenderal bintang dua yang memulai tugas pengabdian di Sumbar tiga tahun lalu, membuat pertemuan dengan masyarakat itu penuh keharuan.

“Beliau Kapolda yang selalu mengedepankan persuasif kepada masyarakat, tapi jika tidak mempan beliau (Fakhrizal,-red) tegas dalam menegakan hukum. Tiga tahun Sumbar aman, masyarakat pun nyaman, kini sampaikan kata perpisahan gimana tidak penuh keharuan suasana di Mapolres Payakumbuh,”ujar Zul seorang tokoh masyarakat setempat kepada pers.

Fakhrizal pada kesempatan Kamis itu mengucapkan maaf ke publik Payakumbuh dan Limapuluh Kota khususnya dan Sumbar umumnya.

“Kami atas nama keluarga besar kepolisian se-Sumbar, memohon maaf jika ada salah ucap, atau sikap yang mungkin kurang berkenan. 16 Desember 2019 nanti saya akan serah terima di Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri), izinkan saya dan istri pamit,” kata Fakhrizal di hadapan masyarakat yang banyak hadir pada bakti sosial kesehatan digelar Polres Payakumbuh.

Irjen Pol Fakhrizal, putera minang asli ini juga sampaikan terima kasih pada masyarakat yang sudah menjalin hubungan baik di tingkat Polsek, Polres hingga Polda Sumbar.

“Situasi kondusif kini dan kedepan di Sumbar, semuanya tercipta berkat koordinasi masyarakat yang baik dengan aparat kepolisian. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih pada masyarakat, khususnya di Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota,” ungkap Fakhrizal.

Ungkapan pamit anak Kamang Agam itu dijawab banyak masyarakat, silahkan jenderal.

“Tapi pamit untuk kembali untuk maju Cagub dan jadi Gubernur Sumbar terpilih di Pilkada 2020,”timpal Zul.

Masyarakat sebut Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal adalah sosok pemimpin yang dicari dan dibutuhkan.

“Sosok Fakhrizal, jujur ini sebenar-benarnya pemimpin dan ini yang dicari dan dirindukan masyarakat untuk memimpin Sumbar, silahkan hari ini pamit tapi besok Jenderal mesti kembali menjadi Gubernur Sumbar terpilih,”ujar Zul yang akui tak ada sekat publik dengan Kapolda Sumbar selama ini.

Banyak tokoh masyarakat yang hadir di Baksoskes Polres Payakumbuh mengaku mendengar Irjen Pol Fakhrizal akan maju menjadi Gubernur Sumatera Barat.

“Tak isu lagi tapi sudah 97 persen oke,”ujar Hendi generasi milenial yang menyaksikan acara Fakhrizal tersebut.

Banyak orang atau elite politik tak tahu kalau Fakhrizal tidak sekadar sosok penegak hukum.

“Irjen Pol Fakhrizal lebih cocok menjadi Gubernur Sumbar ketimbang tetap berseragam Polri. Saya lihat sikap beliau lebih cocok menjadi Gubernur Sumbar. Beliau harus kembali ke Sumbar, jangan isu saja. Hal tersebut harus jadi kenyataan. Saya pribadi mulai hari ini siap mendukung beliau,”ujar Zul spontan disetujui banyak masyarakat lain, seperti Rani juga menilai
Irjen Pol Fakhrizal cocoknya Gubernur Sumbar 2020.

“Pak Fakhrizal sosok perekat bumi Sumbar, beliau selalu pasang badan kalau Sumbar mau diacak-acak, beliau cinta lebih ke Sumbar dan pasti jadi gubernur tidak mencari keuntungan pribadi,”ujar Rani.

Menurutnya, Irjen Pol Fakhrizal mampu merangkul semua pihak.
Terus terang mendengar Irjen Pol Fakhrizal berpamitan banyak yang mengaku kaget.

“Saya teriak selamat jalan pada pak jenderal. Kembali lagi pak jadilah gubernur Sumbar, kami ikuti berita pak, biar elite politik tak suka pak jenderal, tapi masyarakat menyayangi pak Fakhrizal, saya tak ikhlas melepas kalau pak Fakhrizal tidak kembali lagi,”ujarnya.

Disebut Cagub diacara itu Irjen Fakhrizal tersenyum dan mengatakan semua yang dialami merupakan skenerio Allah SWT.

“Jadi Gunernur Sumbar, semua ambo (saya) serahkan kepada kehendak Allah Ya Rabbi, kalau Yang Satu kehendaki maka tak ada satu kekuatan di dunia bisa menghalanginya,” ujar Fakhrizal. (tim)