Rektorat Bantah Akun IG @infounand Tidak Akun Resmi

oleh -96 views
WR 2 Unand bantah akun IG @infounand akun resmi kampus itu, Kamis 23/6-2022 (unand.co.id)
Padang — Apakah terkait adanya pemanggilan untuk klarifikasi kepada tiga pengurus BEM terkait sindiran foto presiden di akun @bemkmunand oleh Polda Sumbar, yang viral di lamam google news atau di media sosial
Tapi yang jelas di website resmi unand.ac.id, pihak Rektorat UNAND menegaskan bahwa akun di Instragram bernama @infounand bukan milik akun resmi Universitas Andalas, pihak kampus pun memibza masyarakat bijak dengan isi konten yang ditampilkan akun tersebut.

“Akun itu kami nilai sering menampilkan beragam postingan yang berisi provokasi, dan berita-berita tidak akurat lainnya, banyak pula postingan yang tidak ada hubungannya dengan Universitas Andalas,” ujar Wakil Rektor II Prof. dr. Wirsma Arif Harahap, SpB (K) Onk, Kamis 23/6-2022.

Akun tersebut kata Wirsma Arif Harahap hadir di lini masa sejak 2011 dan menampilkan nomor kontak 082391149623. Akun itu mengklaim bekerja sama dengan UNAND. Bahkan, juga ada postingan promosi dalam akun tersebut.

Wirsma Arif Harahap, SpB (K) Onk, menegaskan, akun itu tidak ada hubungan dengan Universitas Andalas dan tidak pula bekerja sama dengan admin akun itu.

“Jangankan bekerja sama, kenal saja tidak,” katanya.

Ditegaskan, tidak mungkin akun resmi UNAND menampilkan konten atau pernyataan yang provokatif.

“Kami minta masyarakat bijak dengan akun yang mengatasnamakan Unand itu,” katanya.

Menurut Wirsma Arif Harahap, akun yang mengatasnamakan Unand itu, sering kali menyampaikan informasi yang keliru dan tendensius.

“Saya tegaskan, akun resmi Universitas Andalas, dikelola oleh staf UNAND. Isinya tentang program-program yang berlangsung dan program yang akan dijalankan, maupun pengumuman resmi tentang pendidikan,” katanya di laman website resmi UNANF.

Ditambahkannya tidak mungkin akun Universitas Andalas mempostingan jualan makanan, kursus belajar mobil, layanan pesan antar dan sebagainya.

Untuk itu Wakil Rektor II ini menegaskan tidak bertanggung jawab apabila ada pihak-pihak yang dirugikan oleh akun yang mengatasnamakan Unand itu.

Sementara itu, untuk akun resmi Universitas Andalas yakni @unandofficial (Facebook, Instagram, maupun Twitter). (*und)