Responsif, Sutan Riska Sosialisasikan Perda AKB

oleh -63 views
Sutan Riska di rapat koodinasi minta camat dan walinagari proaktif sosialisasikan Perda AKB, Selasa 15/9 (foto: dok/hms-dms)

Dharmasraya,—-Bupati Dharmasraya harus diacungkan jempol, meski Perda Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) kemarin 11 September disahkan dan tahap evaluasi ke Kemendagri. Tapi Sutan Riska sudah curi start mensosiliasikan kepada jajaran dan stakeholder di Dharmasraya.

“Saya minta pak Camat dan Pak Walinagari untuk segera sosialisaiakan Perda AKB Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease-19, yang disahkan DPRD Sumbar kemarin itu,”ujar Sutan Riska, Selasa 15/9 di Auditorium Kantor Bupati Dharmasraya.

Rapat Koordinasi Pemkab Dharmasraya Selasa ini turut diikuti oleh segenap camat dan wali nagari ini adalah untuk membahas sosialisasi Perda dimaksud, agar segera ditindaklanjuti untuk diinformasikan kepada masyarakat.

“Ditetapkan Perda AKB atau lebih dikenal Perda Covid-19 ini akan membeikan rasa aman kepada masyarakat dari penularan virus korona. Apalagi Perda AKB memuat sanksi hukuman baik sosial hingga pidana,”ujar Sutan Riska.

Sutan Riska meminta jajarannya terutama camat dan walinagari untuk segera sosialisaaikan ke masyarakat.

”Supaya masyaraakt kita tahu dan memberi efek jera bagi siapa saja yang tidak mematuhi protokol kesehatan terutama pakai masker,”ujarnya.

Kata Bupati yang kembali maju secagai Calon Bupati Dharmaraya pada Pilkada 2020, Perda menjadi dasar hukum kuat dalam upaya bersama memutus rantai penyebaran Covid-19 .

“Memutus mata rantai oenyebaran covid-19 dibutuhkan sekali kerjasama semua pihak, mulai dari bawah, dari tingkat jorong hingga kabupaten. Ini menjadi tanggungjawab kita bersama, semua bapak ibu yang menjabat di daerah ini, termasuk seluruh masyarakat. Saya harap kita semua dapat bekerjasama dengan baik untuk memutus rantai penyebaran Covid-19,” ungkap bupati.

Dengan adanya Perda Adaptasi Kebiasaan Baru ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih mematuhi protokol kesehatan.

“Kepada Satpol PP, saya minta untuk lebih aktif turun kelapangan guna memberikan himbauan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan,”tegas Sutan Riska (rilis: hms/dms)