Ribuan Guru Honorer Hadiri Sosialisasi Sistem Dan Mekanisme Rekrutmen Guru PPPK di Pasbar

oleh -737 views
oleh
737 views
Guru honor se Pasbar dilatih hadapi seleksi PPPK, Rabu 6/3-2024. (jonhar)

Pasbar,—Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) melaksanakan Sosialisasi Sistem dan Mekanisme Rekrutmen Guru Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Sosialisasi digelar BKPSDM dan Dinas Pendidikan Kabupaten  Pasaman Barat dalam rangka mempersiapkan para guru honorer untuk mengikuti rekrutmen Guru PPPK yang akan segera dilaksanakan.

Hebatnya ini memberikan informasi detil mengenai prosedur pendaftaran, kriteria seleksi, dan proses rekrutmen yang akan dilakukan.

Kegiatan dibuka resmi oleh Bupati Hamsuardi didampingi Sekda Hendra Putra, Asisten 1 Setia Bakti, Kepala BKPSDM Adrianto, Kadis Pendidikan Agusli, Kabid Ketenagaan GTK Dinas Pendidikan Sofyanri dan dihadiri ribuan guru honorer se-Kabupaten Pasaman Barat di Balerong Pusako Anak Nagari, Rabu 6/3-2024.

Terlihat, para peserta sosialisasi merespon positif acara ini. Mereka merasa mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai rekrutmen Guru PPPK dan siap untuk mengikuti proses seleksi. Beberapa guru juga menyampaikan harapan mereka untuk dapat menjadi bagian dari Guru PPPK dan berkontribusi lebih banyak pada pendidikan di Kabupaten Pasaman Barat.

Hamsuardi pada sosialisasi itu mengatakan, bahwa kegiatan dilakukan sehubungan dengan besarnya antusias masyarakat dalam rekrutmen atau pengadaan PPPK guru. Namun disamping itu juga tidak sedikit hal-hal yang mengganggu sehingga perlu dilakukan sosialisasi.

“Kita sudah banyak menerima ASN PPPK ini sejak tahun 2022. Kita bersyukur bahwa kitalah yang paling banyak menerima PPPK. Namun, banyak hal-hal yang terjadi mengenai tanggapan rekrutmen PPPK seperti keributan di tengah masyarakat, menghasut bahkan mengejar kebencian. Agar kita ketahui bersama, saat ini prosesnya kita masih mengusulkan kepada menteri sebanyak 811 orang dan tenaga teknis 700 orang. Kita doakan bersama dan juga agar kita paham tentang proses penerimaan PPPK ini,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa kondisi keuangan Pasbar masih sangat bergantung pada transfer pusat. Untuk itu jika ada kendala seperti keterlambatan gaji dan sebagainya, ia berharap pegawai PPPK tetap tenang dan mengerti proses yang ada. Pemda tegasnya, selalu berupaya dalam memajukan pendidikan di Pasbar.

Di samping itu, Kabid Ketenagaan GTK Dinas Pendidikan Sofyanri menjelaskan bahwa tujuan kegiatan yang dilakukan pada hari itu adalah mensosialisasikan sistem dan mekanisme rekrutmen atau penerimaan guru PPPK.

Pemkab Pasbar selalu mendukung guru honorer di Pasbar dengan membuka pengajuan formasi dari tahun 2022 hingga tahun 2024 ini. Kegiatan itu turut dihadiri 1256 guru honorer se-Pasbar.

“Kami akan terus memberikan informasi terbaru mengenai rekrutmen Guru PPPK di Kabupaten Pasaman Barat. Semoga semua guru honorer yang berpartisipasi dalam rekrutmen ini dapat meraih hasil yang maksimal dan berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten”ujarnya.(jonhar)