Ricky Donals Nazir, Pengusaha Muda Jangan Takut Berhutang, Konglomerat saja Berhutang

oleh -1.705 views

*Hutang Buat Usaha jangan Beli Mobil Baru!*

Ricky Donals Nazir, berhutang untuk modal usaha bukan momok, pengusaha muda jangan takut berhutang, Kamis 25/5 di Jakarta.

Jakarta,—Hutang bisa menjadi  momok yang menakutkan bagi pengusaha terutama pebisnis pemula, karena berhutang  bisa menjadi malapetaka, bencana dalam rumahtangga, sumber kesedihan dan kegelisahan. Apalagi sampai ditelepon hingga disantroni debt-colector.

Namun, menurut pebisnis sukses di Jakarta, Ricky Donals Nazir Kamis 25/5, banyak pengusaha sukses dalam berbisnis memulai dengan cara berhutang, termasuk konglomerat sekali pun, mereka menurut Ricky masih tetap berhutang, kelebihannya pengusaha atau konglomerat itu sukses dalam mengelola bisnis dan hutangnya, kok bisa?

“Jika anak muda suka bisnis dan mau memulai usaha, ada beberala faktor yang perlu pengusaha muda yakini,”ujar Ricky Donals, di sebuah kawasan elite di Jakarta Selatan.

Pertama menurut Ricky, kawan-kawan pebisnis pemula jangan malu memulainya dari kecil.

“Adalah  sangat keliru sekali ada yang mengatakan malu berbisnis kecil-kecilan karena tidak dianggap, dinilai tidak berkelas, atau takut tidak laku, padahal dalam sebuah proses bisnis, kita wajib melakukan uji coba dalam skala kecil terlebih dahulu, sehingga memudahkan kita untuk melakukan evaluasi, analisa tahapan, terhadap produk/jasa yang kita tawarkan agar mendapat respon dari penetrasi market serta mulai berfokus kepada value” produk/ jasa yang akan kita deliver kepada para target pelanggan kita,”ujar anak muda minang yang terbilang sukses di perantauan ini.

Ricky Donals Nazir sukses jadi pebisnis nasional karena tekun dan ulet.

Menurutnya selaku umat Islam tentu Rasullullah harus menjadi inspirasi dan motivasi kita pengikutnya.

“Ingat Baginda Rasul kita Muhammad SAW, justru memulai usahanya dari kecil dan sekedar menjadi pekerja, kemudian dipercaya menjadi supervisor, manager dan hingga menjadi investor,”ujarnya

Terus faktor  kedua kata Ricky Donals Nazir, pebisnis muda harus tahu apa  modal utama dari awal berbisis

“Apakah modal utama dari memulai usaha? Jika dijawab uang, mungkin tidak 100 persen  bener, modal uang di bisnis modern sekarang tidak segala-galanya, bahkan Rasulullah melakoni bisnisnisnya, modal utama Baginda Rasulullah adalag trust atau kepercayaan dan kompetensi, dan cara Rasullullah itu hingga kini masih dipraktekan pebisnis besar di dunia” ujar Alumn SMA negeri 3 Padang ink.

.Menurut Dr. Muhammad Syafefii Antonio M.ec (Ahli bisnis syariah Indonesia), seperti dikutip Ricky Donals mengatakan pada trust itu ada integritas dan kempuan melaksanakan usaha.

“Jadi membangung kepercayaan adalah suatu hal wajib dilakukan jika ingin meraih sukses dalam berbisnis, tepatilah janji sesuai pesanan, atau jasa yang ditawarkan, jangan abaikan waktu, karena semua pelanggan menginginkan kecepatan, serta amanah dalam setiap langkah baik produk/ jasa yang di jual kepada para pelanggan serta sayangi team internal atau karyawan yang mendukung kita,”ujar anak Tanjung Alam, Tanah Datar ini.

Tak punya modal memulai bisnis, kata Ricky Donals tidak akan menutup pintu langit bagi pengusaha muda. Pebisnis muda jangan takut berhutang.

“Bila semua tahapan persiapan bisnis sudah dilakukan dengan cermat, tetapi terkendala dengan modal usaha, maka mencari solusi pinjaman bukanlah hal yang tabu/malu untuk dilakukan, jangan menyerah pasrah karena ketidakadaan modal itu,”ujarnya.

Ada banyak jalan ke Roma untuk mengatasi ketidakadaan modal uang tadi. Misalnya kata Ricky Donals Nazir, meminjam modal kepada lembaga pembiayaan, mudah dalam penyebutan tapi prosesnya tidak mudah bagi para pebisnis baru.

“Tapi meski proses berliku memperoleh modal, tidak berarti buntu, banyak model yang bisa dipraktekan untuk mendapatkan pinjaman modal tadi. Seperti antaranya,  mencoba menawarkan konsep bisnis kepada para sahabat, saudara yang memiliki dana lebih supaya menjadi investor dalam bisnis tersebut. Tawarkan juga kepada mereka ikut memonitor bisnis dan keuangannya, agar mereka lebih percaya,”ujarnya

Atau kata Ricky, lewat solusi lain seperti peminjaman modal kepada  BUMN/ BUMN di kota anda, karena sebagian perusahaan negara/ daerah memiliki UKM binaan, mereka membantu mulai dari permodalan hingga, produksi dan pemasaran.

“Juga pebisnis pemula bisa memanfaatkan sosial media, saat ini apapun yang kita ingin iklankan bisa dengan cara gratis mengingat kemajuan dgital media & informasi seperti sekarang ini,”ujarnyaml.

Ricky Donals mengatakan hutang bagi pebisnis tidak tabu, gunakan untuk modal dan pengembangan usaha, jangan untuk beli mobil baru

Nah jika usaha pebisnis pemula bisa mendapatkan pinjaman modal, kata Ricky perlu pengusaha muda camkan yakni, gunakan modal usaha dari hutang tadi tepat guna dan sasaran.

“Banyak sekali saya lihat kejatuhan suatu bisnis diakibatkan penggunaan modal yang side streaming, atau tidak sesuai dengan perencanaan awal. Jauhi modal usaha ini digunakan untuk kepentingan konsumsi, jika anda sukses ditahap awal jangan tergoda untuk beli mobil dulu, tapi tetaplah fokus untuk membesarkan usahanya,”ujar Ricky sambil menyapa pengusaha muda, “salam pengusaha”, jangan takut berhutang.(wandi)