Rilis ABC, Taslim Bersaing dengan Trianda dan Hariadi Jadi Bupati Agam

oleh -569 views
H Taslim Dt Tambogo bersama warga Muhammadiyah Sabtu lalu di Bukittinggi. (foto: dok)

Agam,—Peta politik jelang Pilkada Agam semakin mengkerucut, kekuarnya rilis hasil survey Arah Baru Center (ABC) kepada tiga tokoh masuk radar jadi Bupati Agam.

Mereka, Trianda Farhan, 18.6 persen, Hariadi 16.0 persen, Taslim 13.5 persen. Meski Taslim tiga besar melihat prosesntase tertinggi 18,6 persen waktu sekarang hingga masa tenang Pilkada Bupati Agam nanti sangat memungkinkan sekali Taslim menang.

Di luar tiga nama di atas, tokoh lain yang kebelet jadi bupati berada di bawah 10 persen dengan rang yang sangat jauh untuk mengejar, termasuk calon dari jalur independen Suhatril yang hanya mencapai 4.8 persen.

Sementara kolega satu partai dengan Taslim di PAN yaitu Andri Warman (AWR) hanya memperoleh 5,2.persen menurut survey ABC padahal AWR sudah lama berkampanye untuk maju di Pilbup Agam.

Raihan hasil survey sebanyak itu, peluang AWR menangi kontestasi Pilkada Agam terbilang kecil. Apalagi kandidat satu partai dengannya yaitu Taslim jauh diatas anggota DPRD Sumbar tersebut.

Dari pantauan AWR sudah menyebarkan atribut bersama Irwan Fikri hampir diseluruh wilayah, termasuk ke sebagian rumah penduduk berbentuk kalender. Dengan sosialisasi yang sudah lumayan masif, tapi angka yang diperolehnya hanya dikisaran 5.2 persen.

Belum lagi maju Cabup otomatis brevet Anggota DPRD Sumbar sesuai dengan aturan yang berlaku juga harus mundur.

Dari omongan berbagai kalangan, besar kemungkinan AWR akan berpikir ulang untuk maju. Ditambah lagi mayoritas kader PAN di Agam sudah menyatakan dukungan kepada Taslim.

“Sebaiknya AWR tetap di DPRD Sumbar sebagaimana yang diamanahkan masyarakat. Berbuat untuk masyarakat Agam kan bisa melalui jalur DPRD,” kata Alhadi seorang warga Agam, Rabu 4/2.

Survei ABC dilaksanakan 21-25 Februari 2020 dengan sampel sebanyak 6.462 responden di seluruh Sumbar kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai. Survei ABC dilaksanakan sekaligus untuk melihat elektabilitas calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar.(rls: stc/ri)