Risnawanto Sidak Puskesmas di Kinali

oleh -124 views
Risnawanto sidak Puskesmas Kinali. (foto: dok/kominfo-pasbar)

Pasaman Barat,—Wakil Bupati (Wabup) Pasaman Barat Risnawanto didampingi Kepala Dinas Kesehatan Jon Hardi melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di dua unit Puskesmas yang ada di Kecamatan Kinali Rabu (23/6/2021). Sidak dilakukan untuk melihat pelayanan kesehatan puskesmas kepada masyarakat.

Puskesmas pertama yang di Sidak Wakil Bupati Risnawanto yakni UPT Puskesmas IV Koto Kinali. Di puskesmas tersebut Wabup menyampaikan beberapa masukan dan kritikan kepada pihak puskesmas untuk diperbaiki ke depan dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Di puskesmas ini ada beberapa yang perlu diperbaiki dan dilengkapi demi peningkatan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Seperti Perombakan ruangan UGD, perbaikan toilet, perbaikan instalasi air, pemanfaatan rumah dinas menjadi ruang istirahat petugas, percepatan penghapusan aset puskesmas yang tidak terpakai, pembersihan lingkungan puskesmas,”kata Risnawanto.

Lanjutnya, Puskesmas yang bersih dan tertata dengan baik akan membuat pelayanan yang baik, karena petugas kesehatan dan masyarakat kita juga pasti membutuhkan pelayanan yang baik,”lanjutnya.

“Tenaga kesehatan kita juga butuh ruang istirahat yang baik dan nyaman. Dan masyarakat kita pun juga butuh tempat berobat yang baik. Di puskesmas inilah kita akan wujudkan hal tersebut. Jika tenaga kesehatan prima dalam melayani, masyarakat juga pasti senang dan nyaman,”jelas Risnawanto.

Sementara itu, dari Puskesmas kedua yang disidak yaitu Puskesmas VI Koto Selatan Kinali, Wabup juga memiliki catatan. Dimana puskesmas tersebut belum ada tenaga apoteker, tenaga analisis kesehatan, sehingga perlu diusulkan. Perlunya penambahan tenaga perawat, serta adanya kotak saran. Karena dengan itu nantinya dapat terlihat puas atau tidaknya pelayanan yang diterima masyarakat.

“Hari ini kita hadir untuk melihat kondisi pelayanan kesehatan di dua Puskesmas di Kinali. Dalam hal itu tentu masih banyak yang harus kita siapkan. Karena kita akan memberikan pelayanan yang prima terhadap masyarakat di bidang kesehatan. Karena itu adalah salah satu tujuan utama kita, dalam rangka mewujudkan visi misi Bupati Pasaman Barat yang memberikan pelayanan prima di bidang kesehatan. Tidak bisa terlepas dari tenaga kesehatan seperti dokter perawat dan lainnya,”ujar Risnawanto.

Ia menembahkan, jika sarana dan prasarana kesehatan di setiap puskesmas di Pasbar sudah memadai. Maka pelayanan kesehatan akan mudah untuk ditingkatkan. Namun, untuk saat ini pemerintah belum bisa menganggarkannya.

“Kita akan ajukan juga kepada pemerintah pusat apa kekurangan kita. Semoga pemerintah pusat bisa membantu kita untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana kesehatan ini,”kata Risnawanto. (kominfo/jonhar)