Riza Falepi Bantah Bungkam Wartawan dengan Studi Komperatif

oleh -962 views
Wako Payakumbuh Riza bantah bungkam wartawan. (foto: jen)
Wako Payakumbuh Riza bantah bungkam wartawan. (foto: jen)

Payakumbuh,—Pejabat mundur di Payakumbuh sepi berita, justru Walikota Payakumbuh Riza Falepi dituding membugkam wartawan dengan progran studi komperatif ke Pekanbaru Riau.

“Tidak ada kaitannya studi komperatif wartawan ke Pekanbaru dengan mundurnya pejabat di Payakumbuh, saya bantah berita di ssbuah online itu,” ujar Riza kepada media ini lewat whatshap mesenger, Selasa 16/5 di Balaikota Payakumbuh.
Menurut Riza, studi komperatif wartawan Luak Limapuluh sudah terprogram sedangkan pejabat mundur urusan lain.
“Pejabat mundur karena melakukan kesalahan dalam hal keuangan, jadi jangan dicampuradukan faktanya,”ujar Riza.
Bahkan soal studi komperatif  wartawan itu sudah dianggarkan sebagai apresiasi Pemko kepada insan pers yang sudah berkarya jurnalis di Payakumbuh.
“Studi komperatif wartawan ke Pekanbaru bentuk apresiasi kerja wartawan ¬† menyebarkan berita secara objektif. Sehingga Pemko Payakumbuh merasa terbantu ketika berita tersebut diketahui masyarakat,” ujar Riza.
Sedangkan soal pengunduran diri pejabat eselon dua, Riza mengatakan langkah itu harus diambil walaupun pejabat tersebut dikenal dekat dengan Walikota.
“Urusan kepala dinas ini sudah begitu terbuka. Bawahannya yang merupakan bendahara dinas, memakai dana untuk keperluan di luar kantor sehingga tekor dan bahkan tidak bayar pajak di akhir tahun. ¬†Walaupun pelakunya staff golongan dua, saya apresiasi eselon dua atau kepala dinas maupun badan yang merasa bertanggung jawab sebagai pengguna anggaran,” ujar Riza.
Riza menambahkan logikanya dimana kegiatan yang dianggarkan tahun lalu tapi sudah diniatkan untuk membungkam wartawan terkait mundurnya pejabat yang kejadiannya baru tahun ini.
“Mudah-mudahan ke depan kita lebih menghadirkan berita berimbang agar tidak terperangkap subjektivitas apalagi memfitnah orang,”ujarnya. (jen)