Riza Falepi Walikota Payakumbuh, Pemimpin Selalu Dikenang Masyarakat.

oleh -75 views
Yohanes Wempi. (dok)

Oleh Bagindo Yohanes Wempi 

PADA hari baik, Jumat kemarin, bertepatan setelah sholat jumat, Walikota Payakumbuh, H Ir. Riza Falepi. ST. MT mengakhiri masa jabatan sebagai Walikota Payakumbuh dua periode. Alhamdulillah sesuia dengan keinginan agar program Kota Payakumbuh tetap jalan sekarang Sekda orang kepercayaan yang jadi Pejabat sementara.

Selama masa Walikota, lulusan ITB menjabat, banyak legacy yang telah ditinggalkan untuk pelayanan prima. Penulis jabarkan bahwa realita lapangan mungkin tidak banyak masyarakat Sumatra Barat yang paham dengan apa itu penghargaan pelayanan publik.

Karena isu beberapa tahun terakhir tidak banyak Kabupaten/Kota yang mendapatkannya. Maka perlu dijelaskan sebagaai wawasan kecuali Kota Payakumbuh yang selalu dapat.

Penghargan pelayanan publik terbaik adalah di mana masyarakat (publik) puas dengan kinerja dan pelayanan Pemko disegala bidang seperti pengurusan KTP, pengurusan surat-surat keterangan, penguruaan surat izin investasi, pelayanan dipukesmas atau rumah sakit dan lainnya.

Sehingga dari penilain Pemerintah Pusat tersebut maka Presiden RI memberikan penghargan sebagai Kepalan Daerah dengan pelayanan publik yang prima setiap tahunnya semasa Uda Riza menjabat.

Kota Payakumbuh ditangan bekas ‘Senator’ Sumbar di DPD-RI itu, Riza Falepi, yang dua priode menjabat Walikota sudah sejajar dengan kota-kota lain yang ada di Indonesia, seperti Kota Bandung, Kota Surabaya, Kota Semarang dan lainnya. Sehingga sangat ideal seluruh komponen masyarakat Sumatra Barat memberikan ucapkan terima kasih pada Walikota yang juga Datuk duo suku.

Meraih penghargaan pelayanan publik merupakan pekerjaan berat. Namun mempertahankan penghargaan pelayan publik dan piala adipura tersebut akan lebih berat lagi. Apalagi hanya satunya daerah yang mendapatkan piala tersebut di Sumatera Barat. Sehigga ada kekawatiran motivasi menjaganya akan lebih sulit karna tidak ada pengaruh dari lingkungan luar kota galamai ini.

Pada dasarnya banyak lagi langkah-langkag kongrit yang telah dan akan dilakukan oleh Riza Falepi untuk menjaga Kota Payakumbuh tetap mempertahankan penghargaan pelayanan publik dan langka mempertahankan kebersih dan tertata dengan indahnya, walaupun secara aplikasi dilapangan akan ada tantangan tersendiri.

Penulis selaku teman junior di PKS dekat Riza Falepi perlu memberikan apresiasi setingginya dan akan mengikuti langkah-langkah pak Walikota ini dalam memberikan pelayanan pada masyarakat.

Penulis pun merasakan, Riza sebagai Kapala Daerah Kota Payakumbuh, memberikan inspirasi luas pada semua, Walikota itu bersedia bekerja demi kepentingan warganya dan tidak pernah tujuan mencari keuntungan pribadi atau keluarganya sendiri. Alhamdulillah Riza bersih dari perilaku Korupsi dan senantiasa berpihak kepada kepentingan warganya.

Walikota muda ini pun mampu bekerja dengan cepat dalam mengatasi berbagai permasalahan warga kota dan lingkungannya. Seiring dengan dinamika kehidupan modern yang terus bergerak. Berbagai macam persoalan, silih berganti terjadi didaerah, oleh semua urusan segera diselesaikan, andai tidak maka akan menimbulkan timbunan permasalahan yang semakin sulit untuk dipecahkan itu langkah Riza.

Terkait dengan proses pemberian izin dan surat menyurat lainnya tidak perlu menunggu berhari-hari apalagi sampai berbulan-bulan dan terhindar dari upaya pungutan liar. Riza mendirikan Mall Pelayanan terbaik di Indonesia.

Untuk dapat menyelesaikan persoalan diberbagai bidang dan memberikan perubahan menjadi lebih baik maka seorang Kepala Daerah seperti Riza memiliki kecerdasan dan kreatifitas dalam berinovasi kemajuan Payakumbuh.

Selamat purna tugas jadi Walikota Payakumbuh bang Riza Falepi, tetaplah mengadi untuk negri melalui jalan lain, salah satunya membantu Buya Mahyeldi dalam melaksanakan tugas memakmurkan Sumbar dan menjadikan Sumbar Madani. (analisa)