RS Aisyah Pariaman dan MDMC Muhammadiyah Aksi Kesehatan di Daerah Bencana Surian Solok

oleh -1,251 views
oleh
1,251 views
Aisyah Padang Pariaman dan MDMC aksi kesehatan di daerah bencana Surian Solok, hingga 31 Desember 2023. (fiz)

Solok — Kolaborasi Rumah Sakit Aisyiyah Kota Pariaman dengan Muhammadiyah Desaster Menagement Center (MDMC) Sumatera Barat turunkan Tim Kesehatan ke Lokasi Bencana Nagari Surian Kabupaten Solok, dipimpin April Adek dan Mairizaldi. Jumat 29/12-2023

Seperti diberitakan Banjir dan Galodo yang terjadi di Nagari Surian Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok 20 Desember 2023 ini mengakibatkan 16 unit rumah terdampak bencana, 7 Rusak Berat, 9 Rusak Ringan, serta lahan masyarakat yang habis sebanyak 432 Ha dengan total Kerugaian Rp, 32.234.800.000.00,-

Ketua Tim Kesehatan April Adek mengatakan setelah mendapatkan hasil kaji cepat bidang kesehatan dari tim MDMC di lapangan beberapa hari yang lalu, masyarakat sudah mulai banyak yang terdampak penyakit.

“Berdasarkan hasil kaji cepat bidang kesehatan dari team MDMC Sumbar didapatkan hasil bahwa memang dibutuhkan bantuan layanan kesehatan bagi masyarakat terdampak. Kami langsung mengambil sikap siap untuk terjun langsung ke lokasi, setelah melalui koordinasi dengan direktur rumah sakit Bapak Tri Wijayanto dan Ibunda Endrawati sebagai Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Pariaman.”ujar April Adek.

Tidak hanya tim kesehatan diturunkan ke daerah bencana di Surian, MDMC Padang Pariaman beranggota Zainal Arif, dan serta personil tim kesehatan dr. Elsa Mutiaradas Indah Sari, Rio Agus Saputra, Amd. Kep, Apt. Glen Arya Wibowo, S. Fram berjibaku ke sana.

Portito Ketua MDMC Sumbar mengatakan, tim yang terjunkan semenjak tanggal 20 Desember 2023 dipimpin langsung oleh Bahrul Ilmi, berserta personil lainnya, yang di lengkapi dengan tim kaji cepat.

“Alhamdulillah kolaborasi MDMC Sumbar dengan RS Aisyiyah Kota Pariaman sangat baik, apalagi dipimpin langsung oleh April Adek dan Mairizaldi dua sosok ini sangatlah berpengalaman,”ujar Partito.

Selain itu kata Partito pihaknya membuka layanan kesehatan dari 29-31 Desember 2023.

“Layanan kesehatan hari pertama 29 Desember 2023 dengan penerima manfaat sebanyak 50 jiwa, dengan rincian Lansia sebanyak 25 jiwa, Anak-nak 10 jiwa, Remaja 15 jiwa,”ujar Partito.

Ketua MDMC PW Muhammadiyah ucapkan terimakasih banyak kepada Direktur Rumah Sakit Aisyiyah Kota Pariaman  Tri Wijayanto dan Ibunda Endrawati sebagai Ketua Pimpinan Aisyiyah Kota Pariaman yang selalu siap, sigap, dan tanggap.

“Kami MDMC Sumbar meminta bantuan untuk mengirimkan tim kesehatan ke lapangan. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada ayahanda, ibunda dan para donatur yang telah menitipkan amanah nya melalui MDMC Sumbar,”ujar Partito.

Semua disalurkan untuk operasional untuk membantu masyarakat terdampak bencana mulai dari bencana yang menimpa Sumatera Barat pada 2 Desember Banjir Bandang di Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman, 3 Desember Erupsi Gunung Marapi Kabupaten Agam, 5 Desember Banjir lahar dingin di Pariangan dan Longsor di Batipuh Kabupaten Tanah Datar, 7 Desember Longsor dan Galodo di Sungai Rangeh Nagari Bayua Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam, 18 Desember Banjir di Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota, 20 Desember Banjir bandang di Nagari Surian Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok, dan 25 Desember 2023 Banjir yang merendam Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Limapuluh Kota.

“Semoga semua bantuan yang ayahanda, ibunda dan para donatur berikan bernilai ibadah hendaknya,”ujarnya.(fix)