S Budi Syukur Dilantik, Siap Tuntun Kerukunan Rang Pasisie

oleh -155 views
PKPS Sumnar dilantik di Auditorium Gubernuran Sumbar, Minggu 19/9-2021 malam. (age)

Padang -— H Sengaja Budi Syukur resmi menakhodai kapal Perkumpulan Keluarga Pesisir Selatan (PKPS) Sumbar, Minggu 19 September 2021 di Auditorium Gubernuran Sumatera Barat.

Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Perkumpulan Keluarga Pesisir Selatan (PKPS) masa bakti 2021-2026 resmi dilantik oleh Ketua DPP PKPS Drs. Zulhendri Chaniago.

Pelantikan berlangsung dari pukul 20.00 hingga pukul 22.00 WIB dihadiri  Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah, S.P, Wakil Bupati Persisir Selatan Apt. Rudi Hariyansyah, S.Si serta beberapa anggota DPRD Sumatera Barat yang berasal dari Pesisir Selatan.

Ketua DPW PKPS Sumatera Barat terpilih H. Sengaja Budi Syukur, SH melakukan penandatanganan kerjasama antara DPW PKPS Sumatera Barat dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Gubernur Mahyeldi Ansharullah.

“Sebagai bagian dari masyarakat Sumatera Barat dan juga organisasi kita ini adalah organisasi yang berbadan hukum. Tentu saja kita bekerja sama dalam mendukung program-program yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, seperti penciptaan 100 ribu entrepreneur. Masyarakat kita selain mendukung sebagai subjek, juga mendukung sebagai objek terhadap program yang ada.”ujar Sengaja Budi Syukur.

Budi Syukur meyakini bahwa besarnya populasi masyarakat Pesisir Selatan, yakni sekitar 17 persen dari penduduk Sumatera Barat telah memberikan kontribusi dalam pembangunan Sumatera Barat dalam berbagai bidang, khususnya dalam bidang politik.

“Semenjak memasuki era reformasi, Pesisir Selatan mampu memberikan kontribusi positif dalam bidang politik bagi Sumatera Barat dalam kancah nasional. Dapat dilihat bahwa selalu ada anggota DPR RI dari Sumatera Barat dari Pesisir Selatan, belum lagi ditingkat provinsi, semua anggota DPRD Sumatera Barat dapil VIII berasal dari Pesisir Selatan. Untuk itu kami berharap anggota DPRD dari Pesisir Selatan ini dapat menyalurkan dana aspirasinya untuk pembangunan gedung sekretariat PKPS Sumbar. Mengingat selain menjadi tempat pertemuan dan menjalankan organisasi, sekretariat juga kita gunakan untuk membimbing dan membina generasi muda Pesisir Selatan.”ujarnya.

Sementara itu Ketua DPP PKPS, Zulhendri Chaniago mengharapkan kegiatan kepengurusan baru ini dapat memperkuat kekeluargaan Pesisir Selatan baik di rantau maupun kampung halaman.

“Semoga ini kedepannya dapat mempersatukan semua komponen masyarakat, tidak hanya di ranah tapi bagi seluruh masyarakat Pesisir Selatan diperantauan. Saya berkonsolidasi dan berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia untuk mendengarkan dan merespon persoalan-persoalan yang di hadapi Rang Kampuang kita. Kedepannya kita berharap dapat mendirikan PKPS di Papua, Kalimantan dan Sulawesi untuk mengakomodir warga Pesisir Selatan disana.”ungkap Zulhendri Chaniago.

Pada kesempatan itu Rudi Hariyansyah selaku Wakil Bupati Pesisir Selatan mengaku senang dan mengharapkan kegiatan pelantikan ini menjadi momentum bagi pemerintah daerah untuk membangun sinergi dengan PKPS.

“Kami dari pemerintah daerah dengan segala keterbatasan sangat mengharapkan kehadiran PKPS untuk menjadi bagian dalam memajukan daerah. Jika kita bersinergi ini akan menjadi luar biasa, dengan diskusi-diskusi lanjutan nantinya semoga PKPS dapat memberikan ide dan sudut pandang yang berbeda dalam mengembangkan Pesisir Selatan. Untuk kedepannya semoga PKPS dapat membantu kami dalam menyusun database keluarga kita yang ada di pusat sehingga memudahkan kami nantinya dalam berkoordinasi untuk memajukan daerah.”jelasnya.

Kegiatan pelantikan ini dimeriahkan dengan pentunjukan kesenian berupa tari pasambahan dan tari piring. Dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, kegiatan ini ditutup dengan pembacaan doa bersama pada pukul 22.00 WIB.

Turut hadir pada acara pelantikan ini para dewan penasehat dan pengawas DPW PKPS Sumbar, diantaranya, Drs Zaitul Ikhlas Saad, MSi, Drs Syafrizal Ucok, Mukhlis Yusuf Abit, Nazrizal dan sederet nama tokoh Pesisir Selatan lainnya. (age)