Sambut 1 Muharam, Pemkab Dharmasraya Gelar Tabligh Akbar

oleh -84 views
Pemkab Dharmasraya sambut Tahun Baru Islam dengan Tabligh Akbar, Kamis 28/7-2022. (minfo-dms)

Dharmasraya – Menyambut tahun baru Islam 1444 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya terus bersinergi dengan Tenaga Penyuluh Agama di Kabupaten Dharmasraya.

Menyambut Tahun Baru Islam dan makin mengentalkan masyarakat Dharmasraya berbudaya Islami menjadi makna peringatan 1 Muharam 1444 H, sebagaimana disampaikan tertulis Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang dibacakan oleh Staff Ahli Bidang Ekonomi, Martoni saat Tabligh Akbar menyambut Tahun Baru Muharram 1444 H di Masjid Agung Babussaam pada Kamis pagi, 28/7-2022.

Hadir dalam kesempatan mendengarkan ceramah agama oleh Mubaligh muda Sumbar dari Komisi fatwa MUI Kota Bukittinggi, sebagai penceramah yaitu Ustadz, Asyam Hafiz, Lz. Tampak hadir pula Staf Ahli Bupati, Asisten, Stafsus, Kabag, Kasubag dilingkup Sekretariat Daerah Kabupaten Dharmasraya, Kakankamenag Dharmasraya, Ketua MUI Dharmasraya dan Ketua Basnaz Dharmasraya.

“Mari jadikan Tahun Baru Islam kali ini sebagai momentum sinergi penyuluh agama Islam dengan pemerintahan daerah,” kata Martoni membacakan sambutan Sutan Riska.

Kemudian sesuai tema sengaja acara ini selain dihadiri oleh ASN, juga dihadiri penyuluh Agama Islam se Dharmasraya, pelajar dari sekolah agama se Dharmasraya. Kemudian masyrakat sekitar juga guru-guru yang menjadi tenaga pendidikan agama di Dharmasraya.

“Hendaknya menjadi agenda rutin tiap tahun dan dengan jumlah yang jauh lebih banyak lagi yang hadir, semoga saja dengan menyambut tahun baru Islam ini bisa mengintropeksi diri kita masing-masing supaya jauh lebih baik lagi. Tahun baru Islam dimulai dengan 1 Muharram, tentu keutamaan bulan Muharram tidaklah perlu dirakukan lagi oleh kita. Adapun keutamaan itu harus diisi dengan berbagai amalan-amalan kebaikan yang sesuai yang diajarkan Rasul, sehingga momen tersebut benar-benar bernilai, baik secara individual maupun sosial,”uajr Martoni.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupagen Dharmasraya, Okto Verisman, dengan dihadirkannya forum penyuluh agama Islam di Dharmasraya, diharapkan bisa menambah kekuatan dalam memerangi isu atau gejolak yang terjadi ditengah masyarakat.

“Mari kita membangkitkan Dharmasraya lagi, dengan tidak dimunculkannya lagi isu negatif, mulai dengan pemahaman agama, tentang agama seperti yang terjadi pada belakangan hari. Kita gairahkan syiar islam di dharmasraya ini setelah kita melaksanakan kegiatan yang sangat berguna ini yaitu kedatangan tahun baru islam, PR nya penyuluh agama tentunya harus giat dan aktif menjalankan dakwah agama islam,”ujar Okto.(yan)