Sambut Anies Baswedan di BIM, Alasan Guspardi Buat Tercengang se Indonesia

oleh -320 views
Guspardi pakai batik sambut Anies di VVIP BIM Sabtu 3 Desember 2022, alasan Guapardi bikin tercengang se Indonesia. (sis)

Jakarta — Viralll Anggota DPR RI dari PAN Guspardi Gaus sambut Anies Baswedan di VVIP Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Sabtu 3 Desember 2022 sore mengungdang pro kontra dan jadi  trending topic.

Guspardi Selasa 6/12-2022 pun beri keterangan pers, dia mengatakan bahwa dirinya memang ikut menyambut kedatangan Anies Baswedan yang sedang melakukan safari politik ke wilayah Sumatera Barat Sabtu 3 Desember 2022 lalu.

Menurut Guspardi  Gaus ikut menyambut Anies hanya kebetulan, lantaran dirinya juga lagi berada di BIM hendak ke Jakarta.

“Kebetulan lagi di bandara (BIM, red) Tentu sebagai tokoh Sumbar, ada calon yang akan maju sebagai presiden, ya silahturahim dengan siapapun kan tidak masalah,” ujar Guspardi.

Lagi pula, nama Anies Baswedan kan juga masuk dalam salah satu calon dari 9 orang di bursa Capres saat digelar Rakernas PAN Agustus 2022 lalu.

Untuk klaster pertama berisi nama-nama pentolan parpol, yakni Zulkifli Hasan (PAN), Airlangga Hartarto (Golkar), Suharso Monoarfa (PPP), dan Puan Maharani (PDIP). Klaster kedua berisi para kepala daerah, yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Khofifah Indar Parawansa, dan Ridwan Kamil. Selanjutnya klaster ketiga berisi teknokrat. Namun, hanya ada nama Menteri BUMN Erick Thohir di klaster ketiga bakal capres PAN itu, ungkap Politisi PAN itu.

Legislator Dapil Sumatera Barat 2 itupun menjelaskan, Partai Amanat Nasional yang tergabung dalam KIB sampai saat ini belum menentukan calon presiden. Bahkan, DPP PAN memberikan ruang kepada kader untuk memantau, mendengarkan dan mendalami aspirasi masyarakat didaerah (terhadap semua bakal calon), selagi capres belum diputuskan oleh DPP secara resmi

Selanjutnya, mantan anggota dan Pimpinan DPRD Sumbar 3 priode ini menerangkan, di sela kegiatan reses dan melakukan sosialisasi dari Mitra kerja Komisi II di 8 Kabupten dan Kota dapil Sumatera Barat 2, selalu menjaring aspirasi dari masyarakat tentang calon presiden yang di dukung masyarakat berlaga dalam pilpres 2024.

Pertanyaan yang disampaikan kepada masyarakat netral tanpa menggiring. Dari beberapa nama yang sekarang muncul jadi calon presiden. yaitu Puan Maharani, Prabowo Subianto, Ganjar Prabowo dan Anies Baswedan. Siapa kira-kira yang akan didukung.

“Rata- rata secara serentak mereka menjawab Anies, pak Anies Baswedan, ” ungkap Guspardi yang tercengang se Indonesia.

Jadi, hasil dari menjemput aspirasi masyarakat di Dapil Sumatera Barat 2 mayoritas masyarakat mendukung Anies.

“Jika di Jawa Tengah dukung Ganjar atau daerah lain dukung calon berbeda, ya sah-sah saja. Itu merupakan asprirasi masyarakat yang harus dihormati. Namun begitu, amanat Rakernas PAN 2022, soal penetapan siapa Capres serta Cawapres PAN di 2024 memang diserahkan kepada Ketua Umum,” ujar Pak GG

Ketua Umum PAN ( Zulkifli Hasan) tidak mengintervensi anggotanya untuk menyerap aspirasi dari dapil masing-masing soal capres.

Selama Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN belum membuat keputusan resmi tentang nama capres yang akan diusung pada Pilpres 2024, kader partai berlambang matahari itu masih diperbolehkan menyerap aspirasi.

“Nanti kalau sudah diputuskan, kami akan sami’na wa atha’na kepada keputusan partai,” pungkas anggota Baleg DPR RI tersebut.(faj)