Sambut Hari Merdeka, Dharmasraya Berpacu Buat Ibu Pertiwi Tersenyum

oleh -169 views
Gedung megah di Dharmasraya berbenah sambut HUT RI ke 74. (foto: dok/hms-dms)

Dharmasraya,—Semangat memperingati Kemerdekaan RI ke 74 terus berkobar di kalangan ASN dan perangkat nagari di seantero Dharmasraya.

Mereka seolah berlomba menghiasi kantor-kantor dan lingkungnya, semua didekasikan agar  ibu pertiwi bisa tersenyum.

Setidaknya, itulah yang tergambar di kantor BKPSDM, kantor Dinas Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) dan bahkan di nagari nagari pinggiran. Di dinas dan nagari itu sudah berhias dan me jadi cantik di mata ibu pertiwi.

Selain dihiasi dengan pemasangan marawa, bendera, kantor kantor pemerintahan juga sudah memasang spanduk dan Baliho bertemakan kata dan kalimat yang berbau perjuangan. Dan tak lupa, halaman halaman kantor pemerintah juga dibersihkan, sehingga benar benar enak dpandang ibu pertiwi.

“Kami ingin menunjukkan betapa bulan kemerdekaan itu benar benar dapat menyemangati daya juang kita untuk mengisi keperdekaan,” kata H. Harsono, S.Sos, Sekretaris BKPSDM Kabupaten Dharmasraya.

Kantor yang berada di tengah sawah itu terlihat bersih dan asri. Merah putih yang menghiasi kantor itu menunjukkan semangat juang seisi kantor dalam mewujudkan cita cita perjuangan bangsa. Maklum, BKPSDM tugas pokok dan fungsinya memang membangun semangat juang para ASN dan pegawai harian lepas agar dapat berkinerja tinggi dan dapat mewujudkan cita cita masyarakat luas. Oleh karena itu, wajar bila BKPSDM menjadi salah satu pionir dalam peringatan ulang tahun ibu pertiwi.

Dinas Perkimtan yang berada di pedalaman ibukota juga tak mau ketinggalan. Dinas yang dikomandani Ir. Muhammad Afifi itu, meski terletak di kawasan sepi dan lengang, namun pegawainya tetap bersemangat menghias kantor dan halamannya dengan hiasan bernuansa kemerdekaan. Di dinding kantor dipasang rempel merah putih. Di halamannya dipasang merawa gaya Minangkabau, dan tak lupa memasang spanduk dengan warna dominasi merah dan putih.

“Kantor boleh di dalam, tapi semangat memperingati hari merdeka menggebu dan tidak mau kalah. Kita harus tampil terbaik agar ibu pertiwi tersenyum melihat semangat kita dalam mengisi kemerdekaan,”ujar Muhammad Afifi. Pria berbadan bongsor dan hobi menghias taman ini benar benar membuat lingkungan kantornya semarak dan bersinar terang.

Nagari-nagari juga sudah menghias kantor pemerintahannya. Nagari Taratak Tinggi yang berada di Kecamatan Timpeh, sudah membenahi kantornya dengan baik, meski nagari itu tergolong berada di kawasan perbatasan atau nagari pinggiran. Walinagarinya yang bernama Ahmad Sadar, sesuai namanya, memang benar benar sadar bahwa rangkaian peringatan ulang tahun republik harus benar benar dapat memberbaharui semangat dan motivasi dalam membangun bangsa.

“Saya sudah perintahkan kepada masyarakat luas, agar mereka dapat memasang bendera selama sebulan penuh. Saya akan memantau pelaksanaannya,”ujar Ahmad Sadar.

Dia menyebut, ulang tahun kemerdekaan ini pada intinya adalah bagaimana semangat kemerdekaan bisa disemaikan ke sanubari anak bangsa ini.(rilis: hms-dms)