Sari Lenggogeni, Bundo Kanduang Modern Cocok Pimpin Padang

oleh -846 views
Sari Lenggogeni bersama Doni Oskaria bertemu investor dari Dubai di Padang, Selasa 16/5
Sari Lenggogeni bersama Doni Oskaria bertemu investor dari Dubai di Padang, Selasa 16/5

Padang,—Konstelasi politik Kota Padang, makin hari makin hot, banyak figur mengincar kursi Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Padang pada Pilkada 2018.

Bahkan figur perempuan juga mulai muncul mengincar kursi panas Cawako dan Cawawako itu, tokoh muda Andri Rusman mulai bersura dia tak ragu sebut Ketua Pusat Studi Pariwisata Unand Padang, Sari Lenggogeni cocok mendapatkan kursi panas itu.

“Bu Sari Lenggogeni cocok, dia mendeskripsikan Sari Lenggogeni bak Bundo Kanduang modern Padang, punya skil dan jaringan serta masih muda, tapi sudah bergelar Doktor/PhD jebolan Australia,”ujar Andri kepada media ini, Selasa 16/5 di Suaso Padang.

Andri yang terbiasa menjadi tim pemenangan berbagai calon dalan pemilihan kepala daerah di Sumbar ini mengaku Sari Lenggogeni punya aura memimpin Kota Padang.

“Dia punya aura pemimpin, selain itu spesifikasi ilmunya soal pariwisata sangat cocok diaplikasikan mewujudkan Padang sebagai word city destination (kota destinasi dunia), waoo kalau ini diterima pemilih Padang, saya tidak bisa bayangkan Padang menjadi kota hebat di nasional bahkan internasional,”ujarnya.

Apalagi, kata Andrii Rusman, Sari yang menguasai bahasa asing akan menjadi pemimpin yang menjadi juru bicara kota di forum internasional.

“Kemampuan bahasa asingnya akan memudahkan bagi Padang meyakinkan investor berinvestasi untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi dan sejahterakan masyarakat Kota Padang,”ujarnya.

Bahkan Andri Rusman, yakin Sari dipercaya pemilih akan sejajar kepiawaiannya dengan Walikota Surabaya Tri Risma. ” Bu Sari jadi pemimpin di Padang, saya yakin dia the next Risma,”ujarnya.

Sementara itu pemerhati elektabilitas dan popularitas Pilkada, Ilham Azre munculnya nama Sari Lenggogeni kejutan bagi pemilih Padang.

“Sebelum ini yang muncul calon incumbent tentu elektabilitasnya tinggi karena tidak ada kopetitor, munculnya nama Sari Lenggogeni sosok perempuan dan memahami problematika Padang ini, tentu mempengaruhi kenyamanan calon lain, dan menggerus calon yang tingkat elektabilitas dan popularitas kandidat lain,”ujarnya.

Sedangkan Sari Lenggogeni dikonfirmasi muncul namanulya di bursa Pilkada Padang 2018, mantan Uni Sumbar ini tersenyum dan menjawab dengan candaan dan tawan renyahnya.

“Tidaklah, masak Sari maju di Pilkada, aku ini dosen yang sudah jelas lapangan pengabdiannya, dan aku masih muda, tentu banyak bundo-bundo kanduang lain yang lebih matang dari awak (saya),”ujar Sari tersenyum.

Tapi, kata Sari siapa pun yang maju dan menang, dirinya siap membantu terutama untuk soal memajukan pariwisata Padang.

“Kalau untuk ide dan aplikasi majukan pariwisata, Sari siap bantu, tapi untuk maju biar Sari tanya-tanya lah dulu ke keluarga dan sahabat-sahabat yang lain,”ujar Sari.(erwan)