Satlinmas Sebagai Garda Terdepan Lindungi Masyarakat, Masih Minim Anggaran

oleh -85 views
Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur

Padang Pariaman–Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, SE, MM membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Pembinaan Pemberdayaan Satlinmas dalam Rangka Trantibum di Masa Pandemi Covid 19 yang diprakarsai oleh Bidang Perlindungan Masyarakat Dinas Satpol PP Damkar Kabupaten Padang Pariaman di Hall Saiyo Sakato Padang Pariaman di Kota Pariaman pada Rabu, 28 Juli 2021.

Dalam sambutannya Suhatri Bur menyampaikan apresiasi tugas mulia yang diemban oleh Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), sebagai garda terdepan dalam melindungi masyarakat termasuk didalamnya menjaga ketentraman dan ketertiban lingkungan, bencana alam.

Terkhusus pada saat Pandemi Covid 19 ini tugas yang diemban oleh Satlinmas bertambah berat. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Dinas Satpol PP Damkar melakukan upaya penyemangatan dan penyegaran bagi Satlinmas.

Harapan Bupati untuk tahun depan Satlinmas ini betul-betul terbentuk karakter dan jati dirinya lewat pembinaan dan pembekalan yang lebih intens dan terarah. Pesan Bupati kepala Kepala Dinas Satpol PP Damkar supaya anggaran untuk kegiatan ini untuk tahun depan menjadi perhatian dan ajukan sesuai kebutuhan sehingga bisa maksimal dalam melakukan pembinaan dan pembekalan terhadap Satlinmas.

Sebelumnya Kabid Linmas Dinas Satpol PP Damkar Rina Novianti melaporkan bahwa Peserta 60 orang utusan kecamatan dan nagari yaitu Kasi Trantib di Kantor kecamatan dan beberapa Satlinmas Nagari se Padang Pariaman.

Dia menyebutkan, karena ketersediaan anggaran saat ini hanya cukup untuk sebagian wilayah saja dan sangat berharap agar ada penambahan anggaran sehingga selanjutnya dapat juga memberikan pembinaan kepada Satlinmas bagi Kecamatan dan Nagari yang belum terakomodir pada saat ini.

Kabag Ops Polres Pariaman, Kompol Jefrizal Jarun, SH,MH dan Kepala Dinas Satpol PP Damkar Padang Pariaman RIANTO, SH,MM melalui paparan meterinya juga menitikberatkan harapan yang tertumpang kepada Satlinmas karena bersentuhan langsung dengan masyarakat terutama dalam penanganan Covid 19 ini, agar semua lapisan masyarakat bahu membahu bersatu padu dalam menaati protokol kesehatan Covid 19 agar Pandemi ini cepat berlalu sehingga kegiatan masyarakat dapat berjalan normal sebagaimana biasanya.(ril.*)